Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

Kamis, 12 Oktober 2023 - 05:55 WIB
loading...
Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerima laporan korps kenaikan pangkat delapan Perwira Tinggi (Pati) di Mabesau Cilangkap, Senin (17/10/2022). FOTO/DOK.TNI AU
A A A
JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) TNI AU berpangkat Marsekal Muda di mutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada awal Oktober 2023. Dua di antaranya merupakan lulusan terbaik Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau).

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono kembali melakukan mutasi besar-besaran Pati TNI untuk semua matra pada 2 Oktober 2023. Mutasi itu didasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1127/X/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 156 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 75 Pati TNI AD, 36 Pati TNI AL, dan 45 Pati TNI AU," tulis Puspen TNI dalam keterangan resminya, Jumat (6/10/2023).



Dari 45 Pati TNI AU yang dimutasi pada awal Oktober 2023, tujuh di antaranya berpangkat Marsekal Muda (Marsda) TNI. Pangkat yang ditandai dengan dua bintang emas di pundak ini setingkat lebih tinggi dari Marsekal Pertama (Marsma) TNI dan setingkat lebih rendah dari Marsekal Madya (Marsdya) TNI. Marsda TNI setara dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Angkatan Darat atau Laksamana Muda (Laksda) TNI Angkatan Laut.

Berikut ini Marsekal Muda yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023:

1. Marsda TNI Ir Tri Bowo Budi Santoso MM, MTr (Han)

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/DOK.MABES TNI AU - kohanudnas.mil.id

Marsekal Muda pertama yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023 adalah Marsda TNI Tri Bowo Budi Santoso. Tenaga Ahli Pengajar Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Lulusan AAU 1989 itu mengawali karier militernya Pa DP Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta. Selanjutnya ia menjabat Pa Koharmatau, PA PNB Skadron udara 2 Wing I Halim Perdanakusuma, Kaurdal Skadron Udara 2, dan Komandan Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma. Tri Bowo Budi Santoso kemudian digeser menjadi Dosen di Seskoau sebelum dipercaya menjadi Dan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma, dan Pabandya Kurdik Sesko TNI.

Prajurit TNI kelahiran Jakarta, 24 November 1965 tersebut ditunjuk menjadi Danlanud Balikpapan pada 2013. Kemudian ia dimutasi menjadi Aspers Kaskoopsau II dan Sesdislambangjaau. Lulusan Sesko TNI 2012 itu pecah bintang atau meraih pangkat Marsma TNI ketika dipromosikan menjadi Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas III) pada 2017. Setahun kemudian ia dimutasi menjadi Danlanud Silas Papare.

Pangkatnya kembali naik pada 2020 ketika ditunjuk menjadi Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau I). Dengan jabatan itu, Tri Bowo Budi berpangkat Marsekal Muda (Marsda) atau bintang 2. Setahun kemudian, ia dimutasi menjadi Wadankodiklatau, lalu digeser menjadi TA Pengajar Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas. Dalam keputusan mutasi terbaru, Tri Bowo Budi ditarik menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka persiapan pensiun.

2. Marsda TNI Andi Kustoro, SE, MM

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/DOK.TNI AU

Selanjutnya Marsekal Muda yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023 adalah Marsda TNI Andi Kustoro. Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II itu digeser menjadi Tenaga Ahli Pengajar Bidang Ilpengtek Lemhannas.

Andi Kustoro merupakan lulusan AAU 1990 yang memiliki karier cukup cemerlang. Sejumlah jabatan militer pernah diembannya, antara lain Komandan Skadromn 11 Lanud Hasanuddin, Pabandyaops Sops Koopsau II, Danlanud Merauke, dan Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin.

Prajurit TNI kelahiran Bogor, 21 April 1966 itu sempat bertugas di luar negeri menjadi Atase Pertahanan RI untuk Rusia. Pulang ke Tanah Air, Andi Kustoro kemudian ditunjuk menjadi Paban IV/Hublu Spamau. Selanjutnya dimutasi menjadi Kadispamsanau, Kaskoopsau II, dan Danlanud Roesmin Nurjadin.

Lulusan Sekkau 1999 ini kemudian dipercaya menjadi Pa Sahli Tk III Bidang Ekkudag Panglima TNI pada 2021. Dua tahun kemudian Andi diangkat menjadi Pangkoopsud II dan sekarang dimutasi menjadi TA Pengajar Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas.

3. Marsda TNI Dr Budhi Achmadi, MSc

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/Markas Besar TNI Angkatan Udara - tni.au.mil.id

Marsekal Muda selanjutnya yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023 adalah Marsda TNi Budhi Achmad. Dari sebelummya menjabat Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) III, Budhi Achmad digeser menjadi Pangkoopsud II.

Budhi Achmadi memiliki kemampuan akademik yang sangat baik. Hal itu ditunjukkan dengan meraih predikat alumnus terbaik SMA Negeri Maospati, Magetan, Jawa Timur pada 1991. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di AAU dan lulus pada 1994. Lagi-lagi Budhi Achmadi meraih prestasi dengan mendapatkan penghargaan Ati Tanggap Emas Kelas Elektronika. Ati Tanggap Emas adalah penghargaan untuk Taruna dengan prestasi terbaik I untuk nilai kumulatif gatra pengetahuan dan keterampilan.

Pria kelahiran Magetan, 25 Oktober 1972 itu juga meraih penghargaan Adhi Mayakasa atau lulusan terbaik saat mengikuti pendidikan militer Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) 2003. Budi Achmadi juga seorang prajurit TNI yang rajin menulis. Pada 1999, ia menerima KSAU Award sebagai Atas perwira muda TNI AU yang paling aktif menulis di media massa. Karya tulisnya juga menjadi yang terbaik saat belajar di Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI.

Kemampuan akademik yang mumpuni juga dibuktikan dengan beasiswa S-2 dari Rajaratnam School for International Studies (RSIS), NTU, Singapura pada 2012-2013. Budhi pun meraih gelar Master in Strategic Studies (Counterterrorism Track). Pada 2019, peraih penghargaan Santos Dumont dari pemerintah Brazil itu juga berhasil menyelesaikan pendidikan S-3 Universitas Brawijaya Malang.

Di luar akademik, Budhi juga seorang penerbang tempur yang mumpuni. Beberapa pesawat yang pernah dikendalikannya adalah pesawat AS-202B, T-34C, HS Hawk-54, KT-1 Wong Bee, dan F-5E/F Tiger II. Budhi meraih prestasi prestisius yakni 2.000 jam terbang di kokpit pesawat F-5E/F. Prestasi ini sangat membanggakan karena hanya sedikit pernebang tempur yang berhasil meraihnya.

Karier militer Budhi Achmadi diawali menjadi penerbang F-5 Tiger Skadron Udara 14, kemudian menjadi Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Komandan Flight Latihan Skadron Udara 14, Kasiops Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, dan Karuops Lanud Iswahjudi.

Pada 2009, Budhi Achmadi ditunjuk menjadi Komandan Skadron Udara 14. Setahun kemudian dimutasi menjadi Pabandya Latma Paban III/Lat Sopsau, lalu Pabandyaops Sops Kohanudnas, Kepala Dinas Personel Lanud Iswahjudi, Atase Pertahanan RI di Brazil, dan Asops Kaskoopsau I Jakarta.

Budhi Achmadi diangkat menjadi Danlanus Silas Papare Jayapura pada 2020. Dua tahun kemudian, ia dimutasi menjadi Komandan Kosekhanudnas II Makassar, dan Waasops Panglima TNI. Dalam mutasi TNI terbaru, Budhi Achmadi ditunjuk menjadi Kaskogabwilhan III.

4. Marsda TNI A Joko Takarianto

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/Markas Besar TNI Angkatan Udara - kohanudnas.mil.id

Marsekal Muda yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023 selanjutnya adalah Marsda TNI A Joko Takarianto. Pa Sahli Tk III Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI itu digeser menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

Joko Takarianto merupakan tentara kelahiran Cimahi, 12 November 1965. Selepas SMA, ia melanjutkan pendidikan di AAU dan lulus pada 1988. Beberapa jabatan yang pernah ia emban adalah Danlanud Tanjungpandang, Pabandya Pam Ket Giat Paban II/Pam Spamau, Atase Udara RI di Bangkok, Paban IV/Hublu Spamau, dan Pangkosekhanudnas II/Makassar.

Pada 2017, ia dimutasi menjadi Atase Pertahanan RI di Washington DC, Amerika Serikat. Sepulang ke Tanah Air dua tahun kemudian, Joko menjadi Staf Khusus KSAU. Kemudian, ia dimutasi menjadi Pati Sahli KSAU Bidang Air Power, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam, dan Pa Sahli Tk III Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Pada awal Oktober 2023, Joko Takarianto dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

5. Marsda TNI Danang Hadiwibowo, SE, MM, CHRMP

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/DOK.PUSKU TNI

Kemudian ada nama Marsda TNI Danang Hadiwibowo, Marsekal Muda yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023. Dari semula menjabat Kepala Pusat Keuangan (Kapusku) TNI digeser menjadi Pa Sahli Tk III Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Danang Hadiwibowo merupakan lulusan AAU 1989. Tentara kelahiran Probolinggo, 9 Desember 1966 ini juga mengikuti pendidikan militer lain, yakni Sekkau (1999), Seskoau (2005), dan Sesko TNI (2015).

Dalam berkarier di militer, Danang pernah mengemban sejumlah jabatan strategis. Antara lain, Kaprogar Sopsau, Kasibukku Subdisbukku Diskuau, Pekas Lanud Hasanuddin, Papekas Disku Lanud Abdulrachman Saleh, Kaku Kodikau, dan Kaku Kohanudnas.

Pada 2017, Danang ditugaskan di luar struktur organisasi TNI, yakni menjadi Kapusku Setjen Kementerian Pertahanan (Kemhan), Kapusku Kemhan, Kapuslapbinkuhan Ditjen Renhan Kemhan, dan Dirminlakgar Ditjen Renhan Kemhan. Pada 2020, ia ditarik kembali ke TNI menjadi Kepala Pusat Keuangan (Kapusku) TNI. Dalam mutasi Oktober 2023, Danang digeser menjadi Pa Sahli Tk III Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI.

6. Marsda TNI Dr Ir Purwoko Aji Prabowo, MM, MDS

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/DOK. Markas Besar TNI AU - tni-au.mil.id

Marsekal Muda selanjutnya yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023 adalah Marsda TNI Purwoko Aji Prabowo. Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAU itu diangkat menjadi Gubenur AAU.

Purwoko Aji merupakan jebolan AAU tahun 1992. Di pendidikan militer dia merupakan lulusan terbaik Sekkau angkatan 69 tahun 2001 dan Seskoau Angkatan 43 tahun 2006. Sejumlah jabatan penting pernah dijabat Pati TNI AU kelahiran 24 Januari 1971 ini, yakni saat berpangkat Letkol, Komandan Skadron Udara 31 Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma pada 2009, Pabandyaasrosip Paban III/Litbang Asro Srenaau 2010.

Kemudian Pabandyajakstra Paban I/Renstra Srenaau pada 2011, Pamen Srenaau (Dik National Security Programme, Kanada/Lemhannas) 2011, Pabandya Doktrin Paban I/Ren Sopsau tahun 2012, dan Dosen Gol IV AAU 2012.

Jabatan saat pangkat Kolonel, Kalambangja Kodikau tahun 2013, Komandan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma 2015, Komandan Lanud Silas Papare 2015, Aspers Kaskoopsau II 2016, dan Paban IV/Renprogar Srenum TNI pada tahun 2017.

Ketika pangkat Marsekal Pertama, Purwoko Aji pernah menjabat sebagai Waasrena KSAU pada tahun 2019, Waasrenum Panglima TNI pada 2019, dan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma 2020.

Purwoko Aji pecah bintang 2 ketika dipromosikan menjadi Pangkoopsau III oada Februari 2021. Tiga bulan kemudian ia dimutasi menjadi Asrena KSAU. Baru pada awal Oktober 2023, Purwoko diangkat menjadi Gubernur AAU.

Selain pendidikan militer, Pati TNI AU dari Korps Penerbang (Angkut) ini juga menyelesaikan pendidikan umum dengan gemilang. Ia menyandang sarjana Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) 1998, Magister Manajemen STIE IPWI tahun 2001, Master of Defence Study Massey University, Selandia Baru, dan S-3 Universitas Brawijaya tahun 2020.

7. Marsda TNI Wayan Superman

Marsekal Muda Dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023, Nomor 3 dan 6 Lulusan Terbaik Sekkau

FOTO/DOK.TNI AU


Terakhir adalah Marsda TNI Wayan Superman, Marsekal Muda yang dimutasi Panglima TNI pada Oktober 2023. Dia bertukar tempat dengan Marsda TNI Purwoko Aji Prabowo, dari Gubernur AAU menjadi Asrena KSAU.

Wayan Superman adalah abituren AAU 1992. Dalam karier militernya, tentara kelahiran Busungbiu, Buleleng, Bali, 6 November 1970 ini pernah mengemban sejumlah jabatan penting. Antara lain Danskadud 32, Danlanud Ngurah Rai, Aspers Kaskoopsau II, Paban I/Ren Sopsau,
Paban IV/Renprogar Srenum TNI, dan Waasrena Kasau.

Pada 2020, Wayan Superman diangkat menjadi Danlanud Abdul Rachman Saleh Malang. Setahun kemudian dia ditarik ke Jakarta menjadi Waasrenum Panglima TNI, lalu Pati Mabesau, Waasops KSAU, dan Gubernur AAU. Pada mutasi Oktober 2023, Wayan digeser menjadi Asrena KSAU.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)