BMKG Prediksi Sebagian Wilayah di Indonesia Mulai Diguyur Hujan Sepekan ke Depan

Selasa, 10 Oktober 2023 - 13:12 WIB
loading...
BMKG Prediksi Sebagian Wilayah di Indonesia Mulai Diguyur Hujan Sepekan ke Depan
BMKG memprediksi sebagian wilayah Indonesia sepekan ke depan mulai diguyur hujan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Indonesia sepekan ke depan mulai 10 hingga 16 Oktober 2023. Sejumlah wilayah Indonesia terpantau mulai diguyur hujan.

Berdasarkan pantauan BMKG, aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator diprakirakan aktif di Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sementara itu, gelombang Kelvin terpantau aktif di wilayah Sumatra bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan, Maluku, dan Papua dalam sepekan kedepan. “Sehingga, faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Selasa (10/10/2023).

Selain itu, BMKG mendeteksi adanya sirkulasi Siklonik yang terpantau di Laut Filipina sebelah utara Papua yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut Sulawesi, Perairan sebelah utara Maluku Utara, hingga Laut Filipina.

Daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya terpantau memanjang di Laut Andaman, dari Selat Malaka, Kepulauan Riau, hingga Riau, dari Bangka Belitung, Lampung, hingga Bengkulu, di Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara. Sedangkan dari di Sulawesi Tengah, di Perairan sebelah utara Sulawesi Utara, dan di Papua bagian tengah.



“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” kata BMKG.

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, faktor cuaca global dan regional di sebagian besar wilayah Indonesia memengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohontumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan,” imbau BMKG.

Berikut ini wilayah Indonesia yang berpotensi hujan sepekan ke depan per 10 hingga 16 Oktober 2023:

10 – 11 Oktober 2023: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu,Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah,Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Papua.

12 – 13 Oktober 2023: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu,Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Papua.

14 – 16 Oktober 2023: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi,Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, Papua.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)