Ganjar Pranowo Gagas Kolaborasi Budaya Jawa-Bali Bersatu dalam Karya

Senin, 09 Oktober 2023 - 23:40 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Gagas Kolaborasi Budaya Jawa-Bali Bersatu dalam Karya
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menggagas kolaborasi antara budaya Jawa dan Budaya Bali. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menggagas kolaborasi antara budaya Jawa dan Budaya Bali. Hal tersebut dilakukan Ganjar kala dirinya dan mantan Gubernur Bali I Wayan Koster menyelanggarakan Temu Budaya Jawa-Bali untuk Indonesia Raya di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar, Bali, pada Jumat 16 Juni 2023.

“Maka kita punya kekuatan untuk bisa berkepribadian dalam kebudayaan,” ucap Ganjar dalam pidato sambutannya di acara tersebut.



Menurut Ganjar, kolaborasi antara budaya Jawa dan Bali harus dilakukan karena Presiden Soekarno pernah mengatakan bahwa Indonesia harus memiliki kekuatan untuk menjaga budaya Nusantara sekaligus mengembangkannya. Hal tersebut menjadi penting karena tanpa adanya pengembangan antar budaya maka bisa saja budaya Nusantara hilang dan diganti dengan budaya luar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menambahkan bahwa kolaborasi budaya Jawa-Bali bisa dilakukan karena berasal dari akar yang sama dan dinilai memiliki banyak kesamaan.

“Ya roots-nya (akarnya) kita semua sama,” ucapnya.

Dalam acara kolaborasi budaya Jawa-Bali tersebut Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster turut menyaksikan pertunjukan enam penari Gambyong yang menghadirkan penampilan begitu memukau pada sore hari. Mereka mempersembahkan tarian klasik Jawa yang berasal dari Surakarta diiringi oleh nada gamelan yang merdu.

Setelah penampilan mereka selesai, tiga penari Bali tampil dengan tarian Taruna Jaya yang tidak kalah mempesona, diiringi oleh gamelan khas Bali yang energetik. Keberadaan dua tarian tersebut menjadi simbol kolaborasi budaya Jawa-Bali yang digagas oleh Capres Ganjar Pranowo.

Selain itu, dalam pidatonya di hadapan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ganjar menyatakan bahwa antara Jawa dan Bali terdapat ikatan yang kuat dan berbagi tradisi, seni, dan budaya yang serupa. Ini mencakup aspek-aspek seperti kenduri, ruwatan, weton, wayang, sinden, gamelan, konsep adab, serta konsep kepemimpinan.

“Antara Jawa dan Bali memiliki ikatan yang kuat dan memiliki kesamaan tradisi, seni, dan budaya. Sebut saja misalnya kenduri, ruwatan, weton, wayang, sinden, gamelan, konsep adab atau sopan santun, sampai konsep kepemimpinan,” tutur Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)