19 Jabatan Luhut Binsar Pandjaitan selama Pemerintahan Jokowi

Senin, 09 Oktober 2023 - 21:52 WIB
loading...
A A A
Dalam Pasal 9 di beleid itu, tertulis Ketua Pengarah adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Seperti yang diketahui, Luhut merupakan Menko Marves.

17. Ketua Satgasus Percepatan Realisasi Investasi di IKN

Presiden Jokowi kembali menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan memimpin task force percepatan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Penunjukan Luhut diputuskan dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta pada 15 Mei 2023.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, sudah banyak letter of Interest yang disampaikan kepada OIKN. Pada Mei lalu jumlahnya 209, di mana 36 di antaranya sudah menandatangani non discolusre agreement.

"Jadi sudah meningkat di tahap selanjutnya di mana pembicaraan akan lebih detail karena data-data dan sebagainya kita pertukarkan dan mereka setelah itu biasanya akan melihat ke lapangan kemudian setelah itu mereka membuat studi kelayakan dan tentu saja rencana bisnis yang akan diambil," ujar Bambang.

Proses itu membutuhkan waktu, sehingga Jokowi meminta proses-proses itu dipercepat agar keinginan investor dapat terealisasi sesuai peraturan berlaku.

18. Koordinator Penanganan Polusi di Jakarta

Polusi udara di Jakarta yang memburuk, membuat pemerintah pusat turun tangan. Pada akhir Agustus 2023 lalu, Presiden Jokowi pun menunjuk Luhut sebagai Koordinator Penanganan Polusi di Jakarta.

"Secara keseluruhan, koordinasi operasional ini dipimpin oleh Menko Marinves," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/8/2024).

19. Penanggung Jawab Substansi KTT AIS Forum 2023

Pada 13 September 2023, Presiden Jokowi menerbitkan Keppres Nomor 20 Tahun 2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan Tahun 2023 atau Archipelagic and Island State Forum (KTT AIS Forum 2023). Dalam keppres itu, Luhut bertindak sebagai penanggung jawab substansi KTT AIS Forum yang akan digelar di Bali pada 10-11 Oktober 2023.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)