Forum Aktivis Jakarta Dukung Firli Bahuri Lakukan Penguatan KPK

Senin, 09 Oktober 2023 - 00:48 WIB
loading...
Forum Aktivis Jakarta Dukung Firli Bahuri Lakukan Penguatan KPK
Ratusan Aktivis Jakarta menggelar diskusi publik bertajuk Jaga KPK, Selamatkan Agenda Reformasi. Kegiatan tersebut digelar di salah satu kafe kawasan Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ratusan Aktivis Jakarta menggelar diskusi publik bertajuk Jaga KPK , Selamatkan Agenda Reformasi. Kegiatan tersebut digelar di salah satu kafe kawasan Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2023).

Diskusi diikuti aktivis dari berbagai kampus di Jakarta. Diskusi berlangsung cukup ramai dengan komentar dan argumentasi dari sejumlah penanya yang antusias dengan tema diangkat.

Ketua Perkumpulan Pemuda Keadilan Dendi Budiman mengatakan isu miring yang tengah menerpa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini adalah bentuk pelemahan lembaga antirasuah tersebut.



Dia menilai nada sumbang yang menyerang KPK tidak lepas dari momentum Pilpres 2024. "Saya kira apa yang sedang dialami KPK hari ini adalah bentuk paling nyata pelemahan terhadap KPK. Isu Ketua KPK Firli Bahuri memeras mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo perlu dibuktikan kebenarannya sebab ini tuduhan yang serius tidak hanya menyerang pribadi tetapi menyerang lembaga negara," ujar Dendi, Minggu (8/10/2023).

Dia menyayangkan sikap Syahrul Yasin Limpo yang seolah menyerang balik di saat dirinya tersandung kasus dugaan korupsi. Pihaknya mengajak agar publik tidak mudah terprovokasi.

"Mari kita jaga kesejukan menjelang Pemilu. Biarkan proses hukum berjalan dan mari bersama-sama kita jaga KPK sebagai lembaga antirasuah warisan reformasi," katanya.

Di tempat yang sama, Tansa, Pengurus HMI Jabodetabeka Banten menyampaikan hal serupa. Menurutnya, KPK harus diselamatkan dengan cara memperkuat sistem.

"Sekarang itu, tidak ada tawar menawar KPK harus diselamatkan. Jangan lagi ada perdebatan bubarkan KPK justru harus diperkuat. Pak Firli harus kita dukung demi pemberantasan korupsi di Indonesia," ujarnya.

Di akhir diskusi, seluruh aktivis yang hadir menyatakan dukungannya kepada Firli agar memperkuat KPK. "Aktivis Jakarta, mari bersama ayo jaga KPK," teriak seluruh peserta diskusi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)