Profil Mayjen Suparjo, Sosok Kapusziad yang Bersiap Tinggalkan Militer setelah Dimutasi Panglima TNI

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 11:06 WIB
loading...
Profil Mayjen Suparjo, Sosok Kapusziad yang Bersiap Tinggalkan Militer setelah Dimutasi Panglima TNI
Mayjen Suparjo merupakan perwira tinggi (Pati) TNI AD yang menjabat sebagai Kapusziad. Foto/tniad.mil.id
A A A
JAKARTA - Mayjen Suparjo merupakan perwira tinggi (Pati) TNI AD yang menjabat sebagai Kepala Pusat Zeni Angkatan Darat (Kapusziad). Dia bersiap tinggalkan militer setelah dimutasi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier untuk mengoptimalkan tugas TNI ke depannya.

Hal ini tertuang dalam Kep/1127/X/2023 tanggal 2 Oktober 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 156 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 75 Pati TNI AD, 36 Pati TNI AL dan 45 Pati TNI AU.



Lantas, bagaimana sepak terjang Mayjen Suparjo di dunia TNI? Berikut ulasan mengenai profil Mayjen Suparjo.

Profil Mayjen Suparjo


Mayor Jenderal TNI (Purn.) Suparjo merupakan perwira tinggi TNI yang baru saja meninggalkan jabatan terakhirnya di dunia TNI sebagai Kapusziad sebelum diputuskan pensiun.

Mayjen Suparjo lahir pada 11 November 1965 di Kenconorejo Tulis, Batang, Jawa Tengah. Dirinya merupakan lulusan Akademi Militer angkatan 1988-B dan berasal dari kecabangan Zeni.



Mayjen Suparjo mengawali karier sebagai Danton Yonzipur 8/Sakti Mandraguna. Setelah itu, Suparjo banyak menduduki jabatan strategis di dunia TNI. Salah satunya adalah Pabandya Pam Kodam XVI/Pattimura saat jabatannya masih Mayor.

Saat naik pangkat menjadi Letnan Kolonel, Suparjo menjabat sebagai Dandeninteldam XVI/Pattimura, Dandim 1625/Ngada, Dandim 1611/Badung dan Waaspers Kasdam IX/Udayana.

Kemudian saat berpangkat Kolonel, jabatan strategis yang diemban salah satunya adalah sebagai Pamen Denma Mabesad periode 2016-2017 dan juga sebagai irdam XVIII/Kasuari pada tahun 2017.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)