Percepatan Pemulihan Ekonomi lewat Strategi CSR Perusahaan

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:52 WIB
loading...
Percepatan Pemulihan Ekonomi lewat Strategi CSR Perusahaan
MNC Group sebagai salah satu perusahaan terkemuka kembali menerima apresiasi dari TOP CSR 2020, setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan dari TOP CSR 2017 dan TOP CSR 2018. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Penghargaan bidang corporate social responsibility (CSR) yang terbesar dan paling bergengsi di Indonesia, yakni TOP CSR Awards 2020 diberikan kepada perusahaan-perusahaan terkemuka yang beroperasi di Indonesia pada Rabu 29 Juli 2020 lalu di Sultan Hotel Jakarta.

Penghargaan TOP CSR Awards 2020 ini diselenggarakan oleh majalah Top Business, yang bekerja sama dengan beberapa Asosiasi dan Konsultan CSR. Beberapa perusahaan multinasional, listed company, BUMN, BUMD, dan Swasta Nasional mendapat apresiasi dan penghargaan TOP CSR Awards 2020.

Ketua penyenggara TOP CSR Awards 2020, Moh Lutfi Handayani yang juga Pemimpin Redaksi majalah Top Business menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 120 perusahaan finalis (dari 200 perusahaan) dan meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 72 Finalis (dari 150 perusahaan).

Lutfi menegaskan, kegiatan tahunan TOP CSR Awards tidak sekadar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ PKBL/ Community Development yang efektif dan berkualitas saja. Namun juga sebagai sarana pembelajaran bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan.

Dalam Wawancara Penjurian, Dewan Juri memberikan masukan dan saran-saran perbaikan kepada para peserta untuk peningkatan kualitas CSR perusahaan ke depan.

Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2020, Mas Achmad Daniri juga menjelaskan proses penilaian dan penentuan pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen.

Kriteria utama penilaian dalam Top CSR Awards mengacu pada tiga hal. Pertama, tingkat adopsi CSR perusahaan terhadap ISO 26000 Social Responsibility. Kedua, Keselarasan Program CSR Strategi Bisnis perusahaan, dan Ketiga, bagaimana prinsip-prinsip GCG melandasi pelaksanaan program-program CSR perusahaan. Oleh karenanya, dalam kegiatan TOP CSR Awards 2020 ini, kategori penghargaan diklasifikasikan dalam bentuk level bintang/ star, yakni Bintang 1 (terendah)– Bintang 5 (tertinggi).

Kegiatan TOP CSR Awards diselenggarakan oleh majalah Top Business, dan bekerja sama serta didukung oleh beberapa asosiasi CSR, Bisnis dan GCG, seperti Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta perusahaan konsultan CSR dan Bisnis seperti MB Consulting (Mitra Bhadra Consulting), SKB (Solusi Kinerja Bisnis), ISVI (Indonesia Shared Value Institute), Yayasan Pakem (Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (Sinergi Daya Prima), Dwika Consulting, dan lain sebagainya.

Acara TOP CSR Awards 2020 mengangkat tema Peran Strategis CSR dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal. Strategi CSR dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dapat dilakukan dengan melalui kebijakan CSR di era New Normal dengan melakukan pertama, mengidentifikasi perubahan aktivitas bisnis dan dampaknya terhadap perusahaan. Kedua, mengidentifikasi perubahan kondisi Stakeholders, terutama karyawan, konsumen, dan pemasok.

Ketiga, mengidentifikasi dampak sosial pada masyarakat, dan keempat, merumuskan inovasi program CSR yang selaras dengan identifikasi tersebut dan strategi bisnis perusahaan.

Dalam kegiatan ini MNC Group sebagai salah satu perusahaan terkemuka kembali menerima apresiasi dari TOP CSR 2020, setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan dari TOP CSR 2017 dan TOP CSR 2018.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa dalam ajang penghargaan tersebut, MNC Group berhasil memenangkan TOP CSR Award. Sebagai bagian dari MNC Group, dia merasa bangga atas capaian tersebut. Bahkan, dalam setiap kegiatan sosial yang dilakukan, pihaknya tak pernah memikirkan untuk bisa mendapatkan penghargaan ini. Namun, menurut Jesicca, setiap kegiatan yang dilakukannya dilakukan secara serius.

"Tentu apresiasi ini memotivasi kami dan membuat kami benar-benar sadar bahwa bantuan yang kami berikan dan komitmen untuk kepedulian sosial yang ada dari group kami itu juga tidak sia-sia," kata Jessica.( )

MNC Group melalui MNC Peduli dalam era new normal telah melaksanakan berbagai kegiatan CSR. Tidak hanya bantuan berupa peralatan medis dan alat pelindung diri, MNC Peduli juga mendorong UMKM dalam sektor FnB dan Mode untuk memproduksi bantuan yang disalurkan melalui MNC Peduli. Hal ini guna meningkatkan pendapatan UMKM dimasa era new normal ini.

Selain itu, MNC Peduli dalam seluruh kegiatan CSR nya telah mengacu kepada SDGs dan juga peraturan yang diberlakukan OJK untuk perusahaan finansial yang bernaung di bawah MNC Group.

Pada tahun 2020, di masa pandemi Covid 19, MNC Peduli juga tetap fokus dalam program Desa Binaannya di daerah Muara Gembong, Kabupaten Bekasi sebagai salah satu program unggulannya. Adapun program berkelanjutan terintegrasi yang dilakukan berkaitan dengan kualitas ibu dan anak, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan serta lingkungan.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)