Survei Terbaru LSI, Ganjar Pranowo Tertinggi

Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:40 WIB
loading...
Survei Terbaru LSI, Ganjar Pranowo Tertinggi
Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres) yang paling banyak dipilih oleh publik. Hal ini terpotret dalam hasil survei LSI yang dilakukan pada September 2023.

Keunggulan Ganjar ini terlihat ketika LSI melakukan survei dengan metode top of mind. Metode ini membebaskan responden untuk menyebutkan siapa tokoh Capres yang dipilihny tanpa harus ditentukan nama tokoh dari pihak survei.

"Ganjar Pranowo paling banyak dipilih," kata Direktur Eksekutif LSI Dyajadi Hanan dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu (4/10/2023).

Ganjar memperoleh angka sebesar 25,5 persen. Di peringkat kedua, ditempati Prabowo Subianto dengan perolehan angka sebesar 23,3 persen. Sementara, Anies Baswedan menempati peringkat ketiga dengan proporsi sebesar 13,2 persen.



Dengan membebaskan pilihan tokoh yang akan dipilih sebagai Capres, responden juga masih terlihat ada yang memilih Joko Widodo (Jokowi). Namun, persentasenya sangat kecil atau sebesar 3,1 persen.

Sementara, nama-nama tokoh lain yang disebutkan sangat beragam. Sayangnya, nama-nama tersebut masih berada di bawah 1 persen. "(Responden) yang belum menentukan pilihan 30,8 persen," ujarnya.

Survei LSI ini dilakukan pada tanggal 18-20 September 2023 dengan wawancara melalui telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD merupakan teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik ini, sampel yang digunakan sebanyak 1.206 responden. Margin of error yang diterapkan sebesar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)