4 Kapolda Jatim yang Sukses Melenggang Jadi Kapolri, 2 di Antaranya Peraih Adhi Makayasa

Rabu, 04 Oktober 2023 - 16:44 WIB
loading...
4 Kapolda Jatim yang Sukses Melenggang Jadi Kapolri, 2 di Antaranya Peraih Adhi Makayasa
Terdapat sejumlah nama Kapolda Jawa Timur yang sukses melenggang jadi Kapolri. Salah satunya Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah nama Kapolda Jawa Timur yang sukses melenggang jadi Kapolri di kemudian hari. Beberapa di antaranya juga tercatat sebagai peraih Adhi Makayasa Akpol.

Dalam ketentuannya, Polda Jawa Timur merupakan pelaksana tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia di wilayah provinsi Jawa Timur. Polda ini memiliki klasifikasi (tingkat) A.

Melihat riwayatnya, Polda Jatim telah banyak dipimpin jenderal polisi yang berbeda-beda. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya sukses melenggang menjadi Kapolri. Siapa sajakah mereka?

Kapolda Jatim yang Sukses Melenggang Jadi Kapolri


1. Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti


Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Dalam riwayatnya, dia pernah menjabat Kapolri pada periode 2015-2016.

Badrodin Haiti adalah jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1982. Dia tercatat sebagai lulusan terbaik dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa.



Pada sepak terjangnya di kepolisian, Badrodin Haiti memiliki karier moncer. Tercatat, sia pernah menjabat Kapolda di empat wilayah berbeda.

Masing-masing di antaranya adalah Kapolda Banten (2004), Kapolda Sulawesi Tengah (2006), Kapolda Sumatera Utara (2009), hingga Kapolda Jawa Timur (2010-2011). Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat Kabaharkam Polri pada periode 2013-2014.

Puncak karier Badrodin Haiti didapat ketika ditunjuk menjadi Kapolri tahun 2015. Waktu itu, dia menggantikan posisi Jenderal Polisi Sutarman.

2. Jenderal Polisi (Purn) Sutanto


Berikutnya ada nama Jenderal Polisi (Purn) Sutanto. Dia pernah menjabat Kapolda Jawa Timur pada periode 2000 hingga 2002.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)