Relawan Kenalkan Ganjar Pranowo Presiden 2024 melalui Pagelaran Budaya

Sabtu, 30 September 2023 - 15:50 WIB
loading...
Relawan Kenalkan Ganjar Pranowo Presiden 2024 melalui Pagelaran Budaya
Relawan Ganjar Padjajaran memperkenalkan Bacapres Ganjar Pranowo melalaui pentas kesenian tradisional Badjidor di Kebon Awi yang bertempat di Udjo Ecoland, Cimenyan, Bandung. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Relawan Ganjar Muda Padjajaran pada Kamis, 28 September 2023 memperkenalkan Ganjar Pranowo Presiden 2024 melalui media anti-mainstream yaitu pentas kebudayaan.

Ketua Umum Ganjar Muda Padjajaran (GMP) Rendra Wibawa yakin Ganjar Pranowo Presiden 2024 mampu dikenal oleh masyarakat Jawa Barat menggunakan pagelaran ini.

“Daya tarik masyarakat terhadap kesenian khas Jawa Barat masih cukup tinggi. Berdasarkan data terkait pendekatan-pendekatan yang bisa dilakukan kepada Masyarakat Jawa Barat, nomor satu itu ada pendekatan agama, kemudian budaya itu menjadi pendekatan kedua. Ini upaya yang bisa dilakukan oleh kita ketika ingin melakukan pengenalan kepada sosok Presiden," ujar Rendra, Sabtu (30/9/2023).

Baca juga: Puan: Mahfud MD dan Khofifah Masuk Radar Cawapres Ganjar untuk Amankan Suara di Jatim

Relawan Ganjar Padjajaran menggelar pentas kesenian tradisional Badjidor di Kebon Awi yang bertempat di Udjo Ecoland, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 27 September 2023. Acara ini dilaksanakaan karena kesamaan visi dan cara pandang dalam industri kesenian seperti yang dinyatakan Direktur Utama Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo.

Selain itu, di tengah pesatnya industri seni modern, pelaku industri tradisional harus menunjukkan kreativitas dan inovasi untuk mempertahankan eksistensinya. "Kami memiliki passion yang sama, yakni mencintai budaya tradisional dan memang kalau bukan kami yang mencintai budaya tradisional siapa lagi. Terlebih, saat ini budaya tradisional sudah sangat memprihatinkan, sehingga dengan upaya seperti ini semoga bisa terlihat dan terpelihara kembali agar mampu tumbuh berkembang," ujar Taufik.



GMP kerap kali memberikan ruang dan peluang bagi para praktisi seni tradisional di Jawa Barat. Ia menambahkan, hal ini dinilai penting dalam menjaga kelestarian dan efektivitas kesenian tradisional di kalangan masyarakat dari berbagai kalangan.

Ini bukan pertama kalinya kelompok serupa menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan seni. berkolaborasi dengan pemangku kepentingan industri seni dan budaya untuk melestarikan wayang golek sebagai seni ikonik Jawa Barat. Kerja sama ini berupa pertunjukan Wayang Golek dan penyerahan lukisan Ganjar Pranowo ke Padepokan Giri Harja, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Ini merupakan kegiatan kolaborasi antara kami (GMP) dengan Padepokan Giri Harja. Kami sadar betul bahwa kondisi seni tradisional khususnya di Jawa Barat makin tergerus di tengah modernisasi. Kami hadir di sini berupaya untuk terus melestarikan kesenian khususnya Wayang Golek," ujar Taufik Hidayat Udjo
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)