Di Hadapan Ganjar, KNPI Tunjukkan Inovasi Varietas Beras Ungu

Sabtu, 30 September 2023 - 10:23 WIB
loading...
Di Hadapan Ganjar, KNPI Tunjukkan Inovasi Varietas Beras Ungu
DPP KNPI menunjukkan karya inovasi anak bangsa varietas beras ungu kepada Bacapres Ganjar Pranowo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendapatkan stand khusus di Pameran Pangan Plus 2023 pada acara Rakernas IV PDIP yang dilaksanakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Event ini menghadirkan produk inovatif unggulan karya anak bangsa.

Pameran yang menghadirkan berbagai inovasi sektor pertanian dan peternakan ini dimanfaatkan KNPI untuk mempromosikan varietas beras ungu, yang akan menjadi salah satu komoditas pertanian andalan di masa depan.

Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama menunjukkan karya inovasi anak bangsa tersebut kepada sejumlah elite politik, termasuk pada Bacapres Ganjar Pranowo yang mampir di stan KNPI.

"Ini karya anak bangsa. Harapannya pemerintah mendukung pengembangan beras ungu dengan diproduksi massal, sebab varietas ini selain kaya manfaat bagi kesehatan juga memiliki nilai jual tinggi,“ kata Haris Pertama.

Haris menuturkan, penemu beras ungu adalah fungsionaris DPP KNPI, Bung Eko Mardiyono, inovator pertanian yang dapat diandalkan. Beras ungu, lanjut dia, adalah pemuliaan baru dari varietas padi lokal unggulan.

"Persilangan dari 3 jenis varietas padi lokal unggul yg memiliki usia tanam lama," tuturnya pada Jumat, 29 September 2023.



Menurut dia, hasil laboratorium menunjukkan bahwa varietas beras ungu ini memiliki kandungan gizi tinggi dan glekemik yang rendah, selain itu hasil beras yang pulen.

"Beras ungu ini memiliki karakteristik pulen, kandungan nilai gizi yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Kami Pemuda Indonesia mendukung program Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia dan Pangan sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2594 seconds (0.1#10.140)