Panglima TNI: Media Harus Dinginkan Suasana, Bukan Sebaliknya

Senin, 12 Juni 2017 - 22:51 WIB
Panglima TNI: Media Harus Dinginkan Suasana, Bukan Sebaliknya
Panglima TNI: Media Harus Dinginkan Suasana, Bukan Sebaliknya
A A A
JAKARTA - Markas Besar TNI menggelar acara buka bersama dengan insan pers di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (12/6/2017).

Hadir sebagai tuan rumah, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI juga memboyong Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI AD, AL, AU dan sejumlah petinggi TNI lainnya ke acara tersebut.

Acara dibuka dengan lantunan salawat Nabi diiringi grup hadroh yang beranggotakan personel tiga matra TNI. Tidak hanya piawai memainkan senjata, para personel TNI ternyata juga piawai dan kompak memainkan alat musik pukul ini.

Dalam sambutannya, Gatot mengaku bersyukur bisa bertemu dengan insan pers. Media dan insan pers, kata Gatot, memiliki peran vital dalam merekam peristiwa, tak terkecuali kinerja TNI.

"Lewat media saya bisa lihat TNI bekerja atau tidak. Ada banyak informasi yang telah disajikan media," kata Gatot.

Menyoroti fenomena penyebaran berita bohong alias hoax yang belakangan ini melanda Tanah Air, Gatot menyatakan dirinya lebih percaya kepada media arus utama atau mainstream daripada akun-akun media sosial (medsos) penyebar hoax.

Kepercayaan Gatot terhadap media mainstream bukan tanpa alasan. Gatot menuturkan, media mainstream diolah melalui standar jurnalisme yang ketat dan telah terferivikasi.

Gatot mengajak semua insan pers untuk secara sadar memproduksi karya jurnalistik yang mampu mendamaikan dan menurunkan tensi sosial yang kini tengah terjadi.

"Media diharapkan mendinginkan suasana, bukan sebaliknya," kata Gatot.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8459 seconds (0.1#10.140)