WNI Diculik di Malaysia, Irjen Krishna Murti: Motifnya Urusan Bisnis

Selasa, 26 September 2023 - 12:44 WIB
loading...
WNI Diculik di Malaysia, Irjen Krishna Murti: Motifnya Urusan Bisnis
Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti memastikan bahwa perkara penculikan Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia bermotif urusan bisnis. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti memastikan bahwa perkara penculikan Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia bermotif urusan bisnis.

"Dia bukan penculikan yang murni minta tebusan ya, ini ada latar belakang lain urusan bisnis antara pelaku dengan keluarga korban, suami korban," ujar Krishna di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).



Hal itu, kata Krishna, berdasarkan keterangan yang disampaikan kepada aparat kepolisian di Indonesia. Namun, Krishna memastikan WNI itu sudah selamat dan dikembalikan ke Tanah Air.

"Nanti kita tindak lanjuti semuanya. Sedang dikoordinasikan dengan otoritas Malaysia. Ya kan kita tidak tahu bisnisnya apa. Yang tau, polisi Malaysia, lagi didalami lagi cek, mereka belum detail ngasih. Kita belum dapat akses masuk ke pelaku," jelas Krishna.

Sebelumnya, Warga Negara Indonesia (WNI) asal Medan dilaporkan diculik di Malaysia. WNI berjenis kelamin wanita ini diketahui dikurung dan disiksa oleh sekelompok pria selama 10 hari di sejumlah lokasi berbeda di beberapa negara bagian saat diculik.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur (KL) pun langsung merespons laporan ini. KBRI melaporkan pada 14 September 2023 menerima pengaduan penculikan dan penyiksaan terhadap seorang WNI dengan inisial F.

KBRI segera melakukan pendalaman atas laporan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan melaporkannya ke PDRM (Kepolisian Malaysia).



Pasca penyelidikan PDRM, penculikan dan penyiksaan tersebut terkonfirmasi terjadi di wilayah Penang. Melalui koordinasi erat antara KBRI KL, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang serta kerja sama erat dengan Kepolisian Malaysia, F berhasil diselamatkan pada 15 September 2023.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)