Ganjar Pranowo Disarankan Gandeng Pakar untuk Wujudkan 7 Gagasannya

Senin, 25 September 2023 - 19:10 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Disarankan Gandeng Pakar untuk Wujudkan 7 Gagasannya
Bacapres Ganjar Pranowo disarankan menggandeng para pakar untuk mewujudkan gagasan-gagasannya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo disarankan menggandeng para pakar untuk mewujudkan gagasan-gagasannya.

Diketahui, ada tujuh gagasan Ganjar yang akan dilakukan ke depan mulai dari mengentaskan kemiskinan ekstrem hingga meningkatkan nilai tambah infrastruktur. "Ganjar Pranowo perlu mengajak para pakar untuk mewujudkan gagasan-gagasannya tersebut," kata politikus Partai Hanura Inas Nasrullah, Senin (25/9/2023).

Tujuannya, agar gagasan-gagasan tersebut dapat dijadikan program dalam pemerintahannya kelak jika terpilih pada Pilpres 2024. Inas mengatakan ada tujuh program strategis dalam gagasan Ganjar.

Pertama, membangun sumber daya manusia (SDM) produktif. "Untuk mewujudkan gagasan ini diperlukan reformasi sistem-sistem pendidikan yang dapat menghasilkan angkatan kerja yang siap pakai," tuturnya.



Kedua, stabilisasi harga bahan pokok. Untuk mewujudkan gagasan ini, pemerintahan Ganjar harus dapat membangun pertanian yang mampu memproduksi kebutuhan pokok secara signifikan.

Ketiga, kemiskinan ekstrem nol. Untuk memenuhi gagasan ini, diperlukan lapangan kerja yang signifikan baik formal maupun informal, sehingga rakyat mampu memenuhi keperluan rumah tangga yang minimal.



Keempat, memperkuat jaring pengaman sosial. Untuk mewujudkan gagasan ini, bantuan-bantuan untuk meningkatkan taraf hidup penduduk miskin bukan lagi dalam bentuk bansos tapi sudah harus dalam bentuk permodalan dan peningkatan keterampilan untuk membangun usaha kecil. "Kelima, hilirisasi menuju industri kelas dunia. Gagasan ini adalah keberlanjutan dari program Pak Jokowi, oleh karena itu perlu untuk mengadopsi roadmap hilirisasi tersebut," kata Inas.

Keenam, meningkatkan nilai tambah infrastruktur. Untuk mewujudkan gagasan ini, diperlukan suatu perencanaan perindustrian dan pertanian yang terintegrasi dengan infrastruktur yang sudah dibangun pemerintahan sekarang.

"Ketujuh, mengembalikan alam Indonesia menjadi jauh lebih baik. Agar gagasan ini harus memiliki target dalam merevitalisasi kondisi alam yang telah rusak akibat pertambangan industri perkebunan," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)