Ganjar Pangkas Rambut di Tukang Cukur Legendaris Asgar, Ini yang Terjadi

Minggu, 24 September 2023 - 20:36 WIB
loading...
Ganjar Pangkas Rambut di Tukang Cukur Legendaris Asgar, Ini yang Terjadi
Bakal capres Ganjar Pranowo berbincang dengan Ketua Asgar Indonesia, Irawan Hidayah, saat mencukur rambut di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (24/9/2023). FOTO/MPI/BACHTIAR ROJAB
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mencukur rambut di kawasan Jakarta Selatan usai mengikuti fun walk Partai Perindo di Car Free Day (CFD) Sudirman, Minggu (24/9/2023). Rambut putih khas Ganjar dicukur langsung oleh pemangkas rambut legendaris Asli Garut (Asgar), Irawan Hidayah.

Itu merupakan momen spesial bagi Irawan sebagai Ketua Asgar Indonesia. Sebab, selama puluhan tahun menekuni profesi tukang cukur, akhirnya dia mendapat kesempatan mencukur 'Si Rambut Putih'.

"Wah saya sangat bangga dan sangat senang Bapak Ganjar Pranowo bisa mampir ke tempat kami, ini suatu kebanggaan," kata Irawan di Barber Shop Fix Up Jalan Wolter Monginsidi No 74, Jakarta Selatan.



Menurutnya, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu adalah sosok yang luar biasa dan dekat dengan rakyat.

"Tadi saya cerita tentang keorganisasian Asgar Indonesia. Bukan hanya pemangkas rambut, tetapi banyak komunitas di dalamnya termasuk komunitas UMKM, petani, peternak, seni dan budaya, pedagang, terutama komunitas pemangkas rambut. Ada beberapa program kami sampaikan ke Beliau, alhamdulillah Beliau respons," tuturnya.

Saat ini, Asgar Indonesia memiliki lebih dari 10.000 anggota yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia dan sebagian ada di luar negeri. Irawan mengundang Ganjar untuk bertemu para anggota Asgar di Garut, Jawa Barat. "Tadi kami sampaikan, kami mengundang Beliau datang ke Garut. Kami akan perkenalkan teman-teman Asgar. Dan Beliau sanggup akan ke Garut," ungkapnya.



Catatan sejarah, tukang cukur Garut sudah eksis sejak 1930-an dan mulai merambah Ibu Kota sejak 1950-an. Para seniman rambut itu kini dinaungi oleh Asgar Indonesia. Sementara itu, Ganjar Pranowo mengapresiasi sikap gotong-rotong yang dilakukan Asgar.

"Asgar keren. Mereka punya balai pelatihan sendiri, dan bagi warga Garut yang pertama merantau mereka tampung dan mereka diajari. Ini gotong royong yang keren," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)