Momen Ganjar Ngobrol Seru Bareng Surya Sahetapy, Dosen Bahasa Isyarat asal Indonesia di Amerika

Minggu, 24 September 2023 - 16:25 WIB
loading...
Momen Ganjar Ngobrol Seru Bareng Surya Sahetapy, Dosen Bahasa Isyarat asal Indonesia di Amerika
Bakal capres Ganjar Pranowo terlibat obrolan seru dengan Surya Sahetapy, dosen bahasa isyarat asal Indonesia di Rochester, New York, Amerika Serikat. FOTO/TANGKAPAN LAYAR INSTAGRAM GANJAR PRANOWO
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo terlibat obrolan seru dengan Surya Sahetapy , dosen bahasa isyarat asal Indonesia di Rochester, New York, Amerika Serikat. Surya menceritakan pengalamannya menjadi pengajar tuli di negeri Paman Sam.

"Tiga minggu yang lalu, saya diterima kerja di Rochester (sebagai) dosen. Saya ngajar tiga mata kuliah. Dua (mata kuliah) yang setingkat S2 dan satu yang setingkat S1," kata Surya kepada Ganjar dikutip dari video unggahan Ganjar Pranowo di akun Instagramnya, @ganjar_pranowo, Minggu (24/9/2023).

"Di Rochester itu pendapatan per kapitanya untuk orang-orang tuli paling besar di dunia. Jadi, untung buat saya," tutur Surya.



Surya merupakan satu-satunya pengajar tuli di Institut Teknologi Rochester dari Indonesia. Ganjar mengaku kagum dengan perjuangan serta kisah hidup Surya.

Ganjar lalu menanyakan perbandingan sekolah inklusi di Amerika Serikat dengan Indonesia. Surya menjelaskan, sekolah di Amerika Serikat juga gratis. Di sekolah inklusi AS ada juru bahasa isyarat dan program bahasa isyarat di dalam sekolah. Anak-anak SD dan SMP belajar bahasa isyarat sebagai mata pelajaran mereka.

Ganjar berkesempatan ngobrol dengan Surya Sahetapy di Hari Bahasa Isyarat Internasional yang diperingati setiap 23 September. Ganjar berharap kisah yang disampaikan Surya bisa menjadi pelajaran bahwa dunia pendidikan dan pekerjaan mesti membuka ruang kepada siapa pun.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)