5 Wakil KSAD Kariernya Melejit Sampai Jadi Panglima TNI, Nomor 1 Dipilih Soeharto Menjadi Wapres

Minggu, 24 September 2023 - 16:01 WIB
loading...
5 Wakil KSAD Kariernya Melejit Sampai Jadi Panglima TNI, Nomor 1 Dipilih Soeharto Menjadi Wapres
Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno dan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko merupakan Wakil KSAD yang berkarier melejit sampai menjadi Panglima TNI. FOTO/DOK.TNI
A A A
JAKARTA - Sejauh ini ada 5 Wakil Kepala Staf Angkatan TNI Darat ( Wakil KSAD ) yang kariernya melejit hingga mengemban tugas sebagai Panglima TNI . Salah satunya bahkan sukses menduduki kursi wakil presiden (wapres).

Wakil KSAD adalah jabatan nomor dua tertinggi di lingkungan TNI AD yang bertanggung jawab langsung kepada KSAD. Jabatan ini diemban oleh perwira TNI AD berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI atau jenderal bintang 3.

Dedikasi, kerja keras, dan pendidikan tinggi menjadi modal penting bagi seorang Wakil KSAD agar bisa meraih jabatan tertinggi di TNI.



Berikut ini 5 Wakil KSAD yang sukses menjabat sebagai Panglima TNI:

1. Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno

Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno adalah mantan Wapres ke-6 Indonesia periode 1993–1998. Sebelum diangkat sebagai Wapres, tentara kelahiran Surabaya, 15 November 1935 itu menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

Jauh sebelum mengemban jabatan sebagai Panglima ABRI, pada 1985, Try Sutrisno menjabat sebagai Wakil KSAD pada 1985 dan KSAD pada 1986.

Ketika menjabat sebagai KSAD, Try Sutrisno menginisiasi pendirian Badan Tabungan Wajib Perumahan TNI-AD yang bertujuan mempermudah prajurit TNI AD dalam memiliki rumah mereka sendiri.

2. Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat

Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat adalah salah seorang tokoh militer Indonesia. Ia satu-satunya orang yang pernah menjabat sebagai KSAD, Panglima ABRI, dan Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia (Menhankam) dalam waktu bersamaan.

Sebelum mengemban jabatan sebagai Panglima ABRI, Edi Sudradjat lebih dulu menjabat sebagai KSAD pada 1988 hingga 1993. Jabatan ini diraih setelah dirinya menjabat sebagai Wakil KSAD.

3. Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto

Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto adalah mantan Panglima TNI ke-14. Sebelum menjabat Panglima TNI, alumni AKABRI 1971 ini pernah menjabat berbagai posisi penting di TNI AD antara lain sebagai KSAD pada 2000 hingga 2002.

Sebelum mengemban jabatan sebagai KSAD, Endriartono Sutarto lebih dulu di posisi Wakil KSAD di periode KSAD Jenderal TNI Tyasno Sudarto pada 1999 hingga 2000.

4. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Sebelum menjadi Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko pernah menjabat sebagai Wakil KSAD. Ia memiliki pengalaman yang luas di bidang militer dan menjadi salah satu tokoh yang sangat dihormati di TNI.

Pada masa jabatannya sebagai Panglima TNI (2013-2015), Moeldoko aktif mengembangkan profesionalisme dan modernisasi TNI. Moeldoko mengemban jabatan Wakil KSAD dalam periode KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo.

5. Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso

Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso adalah mantan Panglima TNI ke-16 yang juga pernah mengemban tugas sebagai KSAD periode tahun 2005 hingga 2007.

Sebelum menjabat sebagai KSAD, Djoko Santoso adalah Wakil KSAD mendampingi Jenderal Ryamizard Ryacudu. Saat menjabat sebagai KSAD, Jenderal Djoko Santoso dibantu wakilnya yakni Letjen Endang Suwarya digantikan oleh Letjen Harry Tjahjana.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)