Kebakaran di Gunung Jayanti Sukabumi, BNPB: Lereng Curam Sulitkan Pemadaman

Sabtu, 23 September 2023 - 08:23 WIB
loading...
Kebakaran di Gunung Jayanti Sukabumi, BNPB: Lereng Curam Sulitkan Pemadaman
BNPB melaporkan kebakaran lahan terjadi di lereng Gunung Jayanti, Desa Jayanti, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (22/9/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kebakaran lahan terjadi di lereng Gunung Jayanti, Desa Jayanti, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (22/9/2023).

“Api diketahui pertama kali pada pukul 16.10 WIB oleh tim Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Pelabuhanratu,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya.

Laporan terkini dari Penanggung Jawab Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Kuswan yang saat ini berada di lokasi kejadian menyampaikan bahwa vegetasi berupa semak ilalang kering dan pepohonan perlahan-lahan mulai dilumat si jago merah.

Api kemudian cepat merambat ke arah bawah dari atas lereng karena angin yang bertiup cukup kencang. “Sementara terpantau di lokasi api merambat ke arah bawah,” jelas Kuswan.

Sementara itu tim gabungan dari Badan, Damkar, TNI , Polri, P2BK dan Forum PRB masih bersiaga di lokasi yang tak jauh dari titik api. Di samping itu, mobil pemadam kebakaran dan water canon dari Polres Sukabumi telah disiagakan untuk operasi pemadaman dan pendinginan.

“Mobil Damkar sudah siap-siap untuk menyemprot,” kata Kuswan.



“Mobil water canon dari Polres Sukabumi sudah merapat. Ini baru datang sudah standby dengan personelnya dari Sabhara,” imbuhnya.

Lokasi kebakaran yang berada di lereng curam bebatuan menyulitkan tim gabungan dalam upaya pemadaman. Kendati demikian tim gabungan tetap turun untuk memulai pemadaman yang diawali dengan membuka jalur menuju titik api.

“Saat ini kami mulai membuka jalan dengan tim dari Kodim sudah siap. Sementara kita berjalan membuka jalan sambil membawa selang,” lapor Kuswan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)