Bela Pernyataan Ganjar, Najwa Shihab: Jangan Terjebak Potongan Dialog

Kamis, 21 September 2023 - 17:28 WIB
loading...
Bela Pernyataan Ganjar, Najwa Shihab: Jangan Terjebak Potongan Dialog
Bakal capres Ganjar Pranowo dalam talkshow Mata Najwa On The Stage di UGM, Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE NAJWA SHIHAB
A A A
JAKARTA - Jurnalis senior Najwa Shihab tidak tersinggung dengan pernyataan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang dianggap sebagian pihak telah merendahkan profesi tertentu. Untuk diketahui, pernyataan Ganjar dilontarkan dalam talkshow Mata Najwa On The Stage di UGM, Yogyakarta, Selasa (19/9/2023).

Bagi Najwa Shihab, pernyataan Ganjar merupakan dinamika dialog. Ia merasa wajar bila pernyataan itu ditanggapi beragam. Apalagi, pernyataan itu disampaikan Ganjar di hadapan ribuan mahasiswa bahkan masyarakat.

"Saya tentu perlu merespons saat itu karena tugas jurnalis, kan, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan. Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana," kata Najwa Shihab dalam keterangannya yang dikutip, Kamis (21/9/2023).



Ia merasa tujuan Ganjar melontarkan pernyataan itu agar institusi pendidikan mendapat orang terbaik untuk mengajar. "Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya rasanya tentang pentingnya institusi pendidikan mendapatkan orang-orang terbaik," ucapnya.

Terlepas dari itu, wanita yang akrab disapa Nana ini merasa senang akan antusiasme publik terhadap talkshow bertajuk Tiga Bacapres Bicara Gagasan. Ia berharap, publik tak terjebak dan fokus terhadap potongan percakapan kontroversial.

"Tapi sesuai tujuan awal acara ini diadakan, bisa melihat secara utuh gagasan-gagasan atau visi programatik dari tiap bacapres," kata Nana.

"Yang penting kita semua sepakat, tiap profesi, baik jurnalis, MC, politikus, guru, dan dosen, juga profesi lain, punya peran pentingnya masing-masing. Dan di tiap-tiap profesi, sangat dibutuhkan orang-orang terbaik," katanya.



Sekadar informasi, pernyataan Ganjar yang dianggap merendahkan profesi itu dilontarkan berbincang dengan Najwa Shihab dalam program Mata Najwa on Stage Selasa (19/8/2023). Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen.

"Sepuluh besar lulusan terbaik itu jadi dosen, iya dong masa jadi MC?" celetuk Ganjar.

"Siapa mas MC? Saya Jurnalis, bukan MC!" jawab Najwa.

"Bukan..bukan..jurnalis lah kalau begitu.." timpal Ganjar. Pernyataan itu, viral di media sosial X.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)