Ganjar Unggul di Jatim versi Survei PRC, Partai Perindo: Capres yang Paling Dipilih Rakyat

Kamis, 21 September 2023 - 16:01 WIB
loading...
Ganjar Unggul di Jatim versi Survei PRC, Partai Perindo: Capres yang Paling Dipilih Rakyat
Bakal capres Ganjar Pranowo mampir di warung mie ayam di Jalan Blora, Menteng, Jakarta Pusat, usai jogging di acara Car Free Day (CFD), Minggu (17/9/2023). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo unggul dari dua saingannya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, berdasarkan hasil survei terbaru lembaga Politika Research and Consulting (PRC) tentang elektabilitas tiga bacapres di Jawa Timur (Jatim). Dalam survei itu, elektabilitas Ganjar mencapai 40,4%.

Terkait ini, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Perindo Boyke Novrizon mengatakan, capaian tersebut tidak dapat dipisahkan dari keberterimaan masyarakat terhadap sosok Ganjar Pranowo.

"Dia (Ganjar Pranowo) disebut sebagai capres yang paling dipilih. Saya pikir itu relevan dengan Mas Ganjar," kata Boyke kepada wartawan, Kamis (21/9/2023).



Menurut Boyke, ada beberapa faktor yang membuat Ganjar unggul ketimbang bacapres lainnya.

Pertama, keseharian Ganjar yang tidak berjarak dengan masyarakat, memiliki karakter yang sangat familiar, dan lemah lembut.

"Mas Ganjar itu rajin olahraga lari, ikut acara bersama masyarakat. Ramah dalam segala aktivitasnya," katanya.

Selanjutnya, capaian Ganjar saat menjadi Gubernur Jawa Tengah sangat memuaskan. Hal itu dapat dilihat dari data statistik mengenai pertumbuhan ekonomi, kemantapan infrastruktur, ataupun pengurangan kemiskinan.

"Kita bisa saksikan bagaimana momen ketika perpisahan sebagai Gubernur Jateng, di mana rakyat begitu mencintai Mas Ganjar," kata mantan aktivis 98 ini.



Boyke menambahkan, popularitas Ganjar masih bisa terus digenjot. Ada sembilan provinsi dengan jumlah penduduk yang tinggi yang menjadi sasaran.

"Kalau keterpilihan sudah tinggi, popularitasnya ini yang tinggal terus dipacu," katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil survei terbaru lembaga PRC tentang elektabilitas tiga bacapres di Jawa Timur, elektabilitas Ganjar mencapai 40,4%. Sementara, elektabilitas Prabowo Subianto 32, 3% dan Anies Baswedan 18,3%.

Responden dalam survei itu diberikan pertanyaan, "Jika pemilihan presiden diadakan hari ini, siapa capres yang akan bapak dan ibu pilih dari 3 nama berikut?".

Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo mengatakan, survei sebelumnya juga telah dilakukan pada April. Akan tetapi, sebagai perbandingan, survei kembali dilakukan setelah Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) atau duet Amin dideklarasikan sebagai bakal capres dan cawapres. Rio menekankan bahwa elektabilitas Ganjar telah stabil.

"Tren elektabilitas capres tiga nama yang ditemukan dalam survei di Jawa Timur, dari April, Ganjar Pranowo masih stabil di angka 40%, nyaris tidak berubah," ujar Rio saat memaparkan hasil survei, Minggu (17/9/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)