Politikus PDIP: Ganjar Pranowo Ingin Generasi Muda Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Senin, 18 September 2023 - 19:30 WIB
loading...
Politikus PDIP: Ganjar Pranowo Ingin Generasi Muda Jadi Tuan di Negeri Sendiri
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo saat mengisi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Senin (18/9/2023). Foto/Tangkapan layar YouTube TV UI
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo disebut ingin generasi muda menjadi tuan di negeri sendiri. Strategi pembangunan sumber daya manusia disiapkan Ganjar sebagai fondasi agar Indonesia bisa melompat menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Putra Nababan membeberkan persiapan itu dari hal yang paling dasar, yakni kurikulum pendidikan. Hal itu dikatakannya usai menyaksikan langsung Ganjar memberikan kuliah kebangsaan bertema "Hendak ke Mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan" di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (18/9/2023).

"Bagaimana kita menyiapkan generasi emas sehingga kita bisa jadi tuan, bukan jadi tukang di negeri sendiri. Jangan sampai kita menyalahkan orang. Kalau kita usir investor asing, kita bisa gantikan enggak? Jadi kita harus bisa berdaulat di negeri sendiri," kata Putra.





Lebih lanjut dia mengatakan, yang terpenting dari paparan Ganjar adalah soal penyiapan sumber daya manusia yang ke depan bisa mengelola apa pun tantangan di Indonesia, baik itu masalah agraria, masalah pendidikan, masalah yang dihadapi generasi muda, masalah bagaimana kita bisa melompat menuju Indonesia Emas.

"Yang paling penting sumber daya manusianya. Istilah yang Mas Ganjar pakai aktornya, itu yang paling penting. Jadi aktor itu seperti apa. Kita bisa bikin regulasi macam-macam, tapi kalau aktornya tidak memiliki keberanian, tidak dekat dengan rakyat, tidak cinta sama rakyat, tidak punya skill memimpin itu berat. Jadi benang merah dari apa yang disampaikan Mas Ganjar itu bagaimana menyiapkan SDM," kata Putra.

Dia menuturkan, ketika negara ini bicara ingin melompat masuk empat besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia pada 2050, yang juga pemimpin saat ini harus lakukan adalah bagaimana menyiapkan SDM. "Saya melihat Mas Ganjar sangat konsen terhadap pembangunan SDM," tuturnya.

Dia mengungkapkan bahwa Ganjar ingin membangun generasi muda supaya mereka bisa bekerja sesuai minat dan bakat mereka. Ganjar tak hanya membangun orang yang sekadar mengejar target, tidak bisa bekerja, mental tukang, dan hanya mengisi hari-hari saja, tapi bagaimana memastikan negara bisa mendukung pengembangan minat generasi muda.

"Anak Indonesia luar biasa, punya minat dan bakat luar biasa. Negara harus hadir bagaimana mendukung minat anak Indonesia agar bisa berkembang," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, Ganjar memaparkan idenya dalam acara 'Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia' yang diadakan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di Jakarta, kemarin. Ganjar menguraikan idenya soal tiga fondasi dan tujuh strategi untuk membangun Indonesia.

Ketiga fondasi itu adalah melipatgandakan pendapatan dan anggaran negara, digitalisas pemerintahan, dan membasmi korupsi. Sedangkan tujuh strategi, yakni membangun SDM produktif; menstabilkan harga bahan pokok, menghapus kemiskinan, memperkuat jaring pengaman sosial; hilirisasi industri; meningkatkan nilai tambah insfrastruktur; dan mengembalikan alam Indonesia. Ganjar menempatkan pembangunan SDM sebagai prioritas.

"Penting untuk mempersiapkan talenta. Karena itu, akses pendidikan perlu diberikan seluas-luasnya," kata Ganjar.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)