Ganjar Ingin Gaji Guru Setara Gaji Karyawan BUMN, Partai Perindo: Wujudkan Indonesia Sejahtera

Senin, 18 September 2023 - 16:19 WIB
loading...
Ganjar Ingin Gaji Guru Setara Gaji Karyawan BUMN, Partai Perindo: Wujudkan Indonesia Sejahtera
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan HAM Tama S Langkun menyambut baik niatan bakal calon presiden Ganjar Pranowo membuat gaji guru dan dosen setara dengan gaji karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan HAM Tama S Langkun menyambut baik niatan bakal calon presiden Ganjar Pranowo membuat gaji guru dan dosen setara dengan gaji karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut Tama, visi mewujudkan Indonesia Sejahtera bisa terlaksana bila memiliki sumber daya manusia (SDM) unggul di dalamnya.

"Logikanya sederhana, Indonesia Sejahtera bisa terwujud jika memiliki SDM yang memadai. SDM andal hanya bisa lahir jika kualitas pendidikan yang baik. Dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kesejahteraan guru atau tenaga pengajar harus diperhatikan," kata Tama kepada wartawan, Senin (18/9/2023).

Sejalan dengan hal itu, Tama mengatakan ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Pertama, Indonesia harus memiliki blueprint atau peta jalan peningkatan kualitas sektor pendidikan, dengan memasukkan kesejahteraan guru sebagai indikatornya.





"Hal ini penting sebagai rujukan dalam pengambilan kebijakan di masa depan," kata Tama yang juga akan maju sebagai Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat V Kabupaten Bogor itu.

Kedua, terkait gaji guru Rp30 juta per bulan dinilai Tama bukanlah hal yang tidak mungkin. Menurutnya, 20% dari APBN Indonesia memang dianggarkan untuk sektor pendidikan.

"Ke depan bisa dilakukan perbaikan Undang-undang dan peraturan-peraturan yang ada di bawahnya untuk mengakomodir hal tersebut," kata dia.

Ketiga, Tama mengatakan, perlu percepatan pemenuhan kebutuhan guru, termasuk meningkatkan status guru honorer menjadi PPPK. Adapun saat ini, jumlah guru yang telah lulus menjadi guru PPPK berjumlah 544.292.

Jumlah tersebut belum memenuhi kebutuhan guru pada sekolah negeri sepanjang tahun 2021-2022. Karena pada 2023, masih diperlukan perekrutan 601.286 guru untuk sekolah negeri.

"Jika Mas Ganjar terpilih nanti, istilah 'Pahlawan Tanpa Tanda Jasa' harus berubah. Karena jasa guru sangat besar, maka penghargaan terhadap mereka juga harus besar. Khususnya segalah hal yang berhubungan dengan kesejahteraan mereka," pungkasnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menyatakan kenaikan gaji guru seperti halnya pegawai BUMN bisa dilakukan secara bertahap. Upaya ini dilakukan untuk merangsang para akademisi agar tetap mempertahankan profesinya, bukan beralih ke perusahaan swasta ataupun BUMN dengan mengincar gaji besar.

“Bisa kita lakukan secara bertahap karena harus dibaca lebih lengkap lagi dari obrolan saya, dan guru perlu mendapatkan perhatian yang bagus,” kata Ganjar usai Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia bertajuk ‘Ganjar Jawab Tantangan Masa Depan Indonesia’ yang digelar di Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)