Museum Nasional Kebakaran, Pemerintah Pastikan Keamanan Benda-benda Bersejarah

Minggu, 17 September 2023 - 06:44 WIB
loading...
Museum Nasional Kebakaran, Pemerintah Pastikan Keamanan Benda-benda Bersejarah
Pemerintah pastikan perlindungan benda-benda bersejarah dari adanya kebakaran yang melanda bangunan Gedung A Museum Nasional Indonesia, Sabtu (16/9/2023) malam. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah pastikan perlindungan benda-benda bersejarah dari adanya kebakaran yang melanda bangunan Gedung A Museum Nasional Indonesia, Sabtu (16/9/2023) malam. Hal ini dikatakan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

Museum Nasional Indonesia terbagi menjadi tiga bangunan utama, yakni gedung A, Gedung B dan Gedung C. Kebakaran saat ini diketahui terjadi di bagian belakang Gedung A dan sampai dengan pukul 22.40 api sudah padam.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum," kata Nadiem.



Tim investigasi internal juga dikerahkan dikatakannya untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta agar segera melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

"Kemendikbudristek akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan berjalan dengan transparan," tegasnya.

Informasi pembaruan secara berkala kepada media dan masyarakat akan disampaikan seiring dengan perkembangan situasi.

"Kami memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar peristiwa ini dapat segera berangsur membaik," tutup Nadiem.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, kebakaran Gedung A di Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat terjadi pada Sabtu (16/9/2023) malam sekitar Pukul 20.00 WIB.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan menyebutkan pihaknya mengerahkan 14 unit mobil damkar terdiri dari 56 personel untuk memadamkan api.

Api yang sempat memerah dan mebumbung tinggi dari bagian belakang bangunan Museum Nasional dapat dilokalisir Pukul 20.40 WIB, dan petugas pemadam mulai melakukan pendinginan Pukul 21.37 WIB.

"Bangunan yang terbakar yakni museum Gajah Gedung A yang merupakan ruang pameran koleksi museum. Jenis Bangunan Menengah (BM) dengan luas areal terdampak kebakaran kurang lebih 600 meter persegi. Waktu selesai operasi pemadaman Pukul 00.15 WIB," ujar Satriadi, Minggu (17/9/2023) dini hari ketika dikonfirmasi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)