9% Wilayah Indonesia Mulai Masuk Musim Hujan, Maluku dan Papua Berpotensi Banjir

Kamis, 14 September 2023 - 07:11 WIB
loading...
9% Wilayah Indonesia Mulai Masuk Musim Hujan, Maluku dan Papua Berpotensi Banjir
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 9% wilayah Indonesia telah masuk musim penghujan hingga pertengahan September 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 9% wilayah Indonesia telah masuk musim penghujan hingga pertengahan September 2023.

"Berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM), sebanyak 9% wilayah Indonesia masuk musim hujan," tulis BMKG dalam keterangannya dikutip, Kamis (14/9/2023).



Sementara itu, pada awal September sudah terdapat dua wilayah Indonesia yang diprediksi memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi.

BMKG juga melaporkan wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi sebagian Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian Sumatera Barat, sebagian kecil Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah bagian timur, sebagian kecil Maluku, dan sebagian Papua Barat.

BMKG melanjutkan curah hujan pada Dasarian I September 2023 umumnya berada di kriteria rendah (0-50 mm/dasarian). Kriteria curah hujan tinggi terjadi di sebagian kecil Aceh, sebagian kecil Sumatera Utara, sebagian kecil Riau, sebagian kecil Sumatera Barat, sebagian kecil Kalimantan Barat, dan bagian Kalimantan Utara.

"Pada Dasarian II September 2023 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria menengah (0-100 mm/dasarian)," kata BMKG.

Sementara itu, BMKG melaporkan wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria rendah (kurang dari 50 mm/dasarian) berada di sebagian besar Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan bagian timur-selatan, sebagian Sulawesi, Maluku bagian selatan, sebagian kecil Papua Barat dan Papua.

Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah (50-150 mm/dasarian) berada di Sumatera bagian tengah-utara, Kalimantan bagian utara, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Maluku Utara dan Maluku bagian tengah, sebagian Papua Barat dan sebagian besar Papua.

Wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi sebagian kecil Sumatera, sebagian besar Kalimantan, sebagian Sulawesi, Malut dan Maluku bagian tengah, sebagian besar Papua Barat dan Papua.



Wilayah Indonesia yang diprediksi memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi berada di Provinsi Maluku (Kabupaten Maluku Tengah) dan Provinsi Papua (Kabupaten Nabire).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)