Jajal Kereta Cepat, Jokowi Lanjut ke Stasiun Bandung dengan KA Feeder

Rabu, 13 September 2023 - 12:02 WIB
loading...
Jajal Kereta Cepat, Jokowi Lanjut ke Stasiun Bandung dengan KA Feeder
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Stasiun Bandung usai mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta Bandung Rabu (13/9/2023). FOTO/MPI/AGUNG BAKTI SARASA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) ikut dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada Rabu (13/9/2023). Uji coba kereta cepat dimulai dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang.

Sesampai di Stasiun Padalarang, Presiden Jokowi menggunakan kereta feeder menuju Stasiun Bandung dan tiba pukul 10.00 WIB. Ikut mendampingi Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto.

Tak hanya menteri, kalangan artis juga ikut dalam uji coba, antara lain Raffi Ahmad, Marsha Timothy, Vino G Bastian, Yuni Shara, Nirina Zubir, Addie MS, Armand Maulana, dan juga Gading Martin.



Sesampai di Stasiun Bandung Jokowi belum memberikan keterangan kepada awak media mengenai pengalamannya menggunakan kereta cepat dan kereta feeder. Jokow sempat membagikan kaus kepada masyarakat yang berada di stasiun lalu pergi menaiki mobil.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono memastikan sarana dan prasarana penunjang operasional kereta feeder yang ada di wilayah Daop II Bandung siap 100% digunakan.

"Kalau Daop II sendiri sih untuk yang dalam wewenang dan bagiannya Daop II itu sudah 100%. Jadi, sarana sudah siap, prasarana sudah siap dan fasilitas pendukung pelayanan sudah siap," ucap Mahendro.

Rencananya, ada lima rangkaian kereta feeder yang akan dioperasikan. Satu rangkaian kereta terdiri dari empat gerbong dengan kapasitas 200 orang.



"Jadi kalau proyeksinya itu nanti ada lima rangkaian KA feeder, tapi yang sudah ada di Bandung itu baru empat. Satu masih di Yogya. Nah, nanti pola operasinya adalah dua multiple unit dan satu single unit. Jadi, dari satu rangkaian kereta feeder itu ada empat kereta," katanya.

Sementara terkait dengan jam operasional dari kereta feeder, Mahendro belum mengetahuinya secara pasti. Namun, jam operasional kereta feeder akan disesuaikan dengan jam operasional dari kereta cepat.

"Fungsinya KA feeder ini kan pendukung konektivitas KCJB, jadi nanti akan menyesuaikan, tinggal nanti KCJB-nya jam berapa," katanya.

Caption: Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di Stasiun Bandung setelah selesai melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada Rabu (13/9/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)