Di KTT G20 India, Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Lindungi dan Jaga Kelestarian Bumi

Sabtu, 09 September 2023 - 15:25 WIB
loading...
Di KTT G20 India, Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Lindungi dan Jaga Kelestarian Bumi
Presiden Jokowi mengajak seluruh pemimpin dunia melindungi dan menjaga kelestarian bumi di KTT G20 India. Foto/ Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara dunia, khususnya yang tergabung dalam G20 untuk melakukan aksi nyata dalam melindungi kelestarian bumi. Sebab, bumi sedang mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi dalam beberapa waktu belakangan ini.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri pertemuan sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang mengangkat tema 'One Earth' di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu, (9/9/2023).

"Kita semua harus walk the talk, because we only have one earth," ucap Presiden Jokowi dikutip dari keterangan resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu (9/9/2023).

Menurut Jokowi, upaya menyelamatkan bumi tersebut harus dilakukan demi generasi dunia ke depannya. "One earth, for every body. One earth, for us and for our future generation," jelasnya.



Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menjelaskan Indonesia telah melakukan sejumlah aksi nyata untuk melindungi bumi. Di antaranya, melalui upaya menekan deforestasi hingga restorasi mangrove. "Indonesia di tahun 2022, telah turunkan emisi 91,5 juta ton. Laju deforestasi ditekan hingga 104.000 hektare. Hutan dan lahan direhabilitasi seluas 77.000 hektare dan mangrove direstorasi seluas 34.000 hektare," ungkap Jokowi.

Di hadapan para pemimpin negara G20, Jokowi menyerukan sekaligus mengajak semua pihak untuk bertanggung jawab dan berkomitmen dalam menjaga kelestarian bumi dan berharap bumi bisa tetap lestari. "Mari penuhi tanggung jawab dan komitmen bersama untuk menjaga planet bumi tetap lestari," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)