Calon Ketua KPU Diharapkan Tenang dan Bisa Mengayomi

Rabu, 12 April 2017 - 15:10 WIB
Calon Ketua KPU Diharapkan Tenang dan Bisa Mengayomi
Calon Ketua KPU Diharapkan Tenang dan Bisa Mengayomi
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra memberikan kriteria ideal ketua KPU untuk lima tahun kedepan. Menurut Ilham, calon ketua KPU harus bisa mengayomi dan tenang dalam bersikap.

"Karena kita banyak sekali agenda yang mendesak. Jadi saya kira butuh ketua yang mengayomi dan tenang dalam bersikap," ujar Ilham di sela-sela rapat pleno penentuan ketua KPU, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Dijelaskan Ilham, agenda yang perlu mendapat penanganan tepat dari ketua baru seperti pilkada 2018. Di pemilihan 171 daerah itu akan diikuti sejumlah daerah besar. "Seperti Sulsel, Jabar, Jateng, dan Jatim," kata Ilham.

Ilham menambahkan, bahwa ketua KPU yang mengayomi akan berimbas pada tugas yang lebih profesional dan berintegritas. "Itu harga mati," pungkasnya.

(Baca juga: Dua Tantangan Besar Komisioner Baru KPU)

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie berpesan agar proses pemilihan ketua berjalan baik tanpa ada keributan. Menurutnya, musyawarah mufakat adalah jalan terbaik menentukan siapa yang berhak memimpin kedua lembaga itu.

"Saya harap mereka segera bekerja. Jangan terlalu ribut memperebutkan jabatan ketua. Musyawarah saja baik-baik. Jangan meniru rebutan jabatan (seperti) di tempat lain," ucap Jimly saat ditemui di Jakarta, Rabu 5 April 2017.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5123 seconds (0.1#10.140)