Gelar Seminar Nasional, Universitas Mulawarman Tekankan Keadilan Kelola Kekayaan Alam

Kamis, 07 September 2023 - 00:39 WIB
loading...
Gelar Seminar Nasional, Universitas Mulawarman Tekankan Keadilan Kelola Kekayaan Alam
Seminar nasional yang diselenggarakan Forum 2045 dan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (5/9/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Peningkatan mindset mengenai keadilan dalam menjaga kekayaan alam dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat berkelanjutan yang melekat di masing-masing stakeholder baik di kalangan pemerintah, pelaku bisnis maupun masyarakat sangat diperlukan.

“Hal ini dibutuhkan karena pertumbuhan ekonomi bukan hanya soal numerik melainkan juga adanya faktor nonnumerik (well being),” kata Guru Besar Bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prof Heru Kurnianto Tjahjono dalam seminar nasional yang diselenggarakan Forum 2045 dan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (5/9/2023).



Selain Prof Heru, turut menjadi pembicara yakni Co Founder Strategic Policy Institute Dr Amin Subekti dan Dosen Teknik Lingkungan Universitas Mulawarman Juli Nurdiana.

Para pembicara sepakat bahwa kekayaan alam berlimpah di Indonesia harus dibarengi dengan ekologi yang berkelanjutan dan sumber daya manusia unggul untuk kesejahteraan masyarakat.

Melalui peningkatan mindset mengenai keadilan akan memperkuat paradigma bahwa masyarakatlah yang harus menyebarkan virus-virus keadilan dan tak hanya skill yang diperlukan melainkan juga integritas dan mental baik.

“Contoh kecilnya adalah kesadaran individu dalam mengelola sampah melalui pemilahan, reuse, dan recycle ke bentuk-bentuk yang bermanfaat,” ujar Amin.

Ketua Forum 2045 Untoro Hariadi menambahkan seminar nasional ini bertujuan membangun kolaborasi para akademisi dari berbagai perspektif keilmuan.

“Ini dalam rangka memberikan kontribusi gagasan dan pemikiran guna menyongsong seabad usia Indonesia pada tahun 2045,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)