Perhelatan PKN 2023 Bakal Dibarengi dengan Kongres Kebudayaan Indonesia

Rabu, 06 September 2023 - 17:40 WIB
loading...
Perhelatan PKN 2023 Bakal Dibarengi dengan Kongres Kebudayaan Indonesia
Kemenbudristek kembali mengadakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023, dalam perhelatan tersebut, PKN 2023 akan dibarengi dengan terselenggaranya KKI. Foto/Giffar Rivana
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) kembali mengadakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 , dalam perhelatan tersebut, PKN 2023 akan dibarengi dengan terselenggaranya Kongres Kebudayaan Indonesia atau KKI. Yang mana, hal tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan lima tahun sekali.

"Dalam kesempatan kali ini, berbagai rekomendasi yang dipanen dari kegiatan PKN 2023, khususnya dari simposium akan dipresentasikan dan menjadi rekomendasi. Rekomendasi ini kemudian akan menjadi bahan dasar untuk kebijakan kebudayaan masa depan," kata Ketua Dewan Kurator PKN 2023, Ade Darmawan, di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Hilmar berharap, rangkaian acara yang sudah dipersiapkan sejak Juni 2023 bisa diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya pada puncak perayaan yang akan berlangsung pada puncak perayaan yang berlangsung pada 20-29 Oktober.

"Jiwa kolektif dan kolaboratif yang diusung tidak terbatas pada seni dan kebudayaan melalui semangat #IndonesiaMelumbunguntukMelambung, diharapkan bisa terus bergulir terlepas dari selesainya rangkaian PKN 2023," ucap Ade.



Sebelumnya, Kemenbudristek kembali mengadakan PKN 2023, yang mana dalam acara tersebut menghadirkan semangat pengenalan praktik baik kebudayaan yang dijadikan dalam serangkaian kegiatan wadah kolektif.

Serangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai aspek mulai dari lingkungan, pegiat budaya hingga masyarakat. Di tahun ini, PKN mengangkat tema Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan dengan maksud memberikan makna dan relevansi tiap aksi berkesenian dan berkebudayaan yang mana tetap berakar pada nilai budaya dan kearifan lokal.

"Tema ini merupakan sebuah refleksi dari visi kita tentang bagaimana budaya dan alam bisa dan harus berjalan beriringan. Ketika kita berbicara tentang merawat budaya," kata Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Kemendikbudristek, Hilmar Farid, di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Kita juga bicara tentang etos dan nilai yang mengajarkan kita untuk merawat bumi sebagai satu-satunya rumah kita," sambungnya.

Menurut Hilmar, PKN 2023 ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga sebuah misi. Misi untuk mengingatkan masyarakat bahwa kebudayaan turut berperan dalam dalam menciptakan masa depan bumi yang berkelanjutan.

"Dalam keanekaragaman budaya kita, terdapat solusi dan inovasi lokal yang bisa kita aplikasikan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)