Mengenal Pasukan Khusus Cordon, Prajurit Terbaik TNI AD Penyambut Kepala Negara di KTT ASEAN

Rabu, 06 September 2023 - 16:51 WIB
loading...
Mengenal Pasukan Khusus Cordon, Prajurit Terbaik TNI AD Penyambut Kepala Negara di KTT ASEAN
Pasukan Cordon atau Pasukan Kehormatan dari Paspampres bersiap menyambut kepala negara yang akan menghadiri KTT ke-43 ASEAN. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Indonesia menerjunkan pasukan khusus Cordon dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023. Pasukan ini bertugas menyambut kepala negara yang tiba di Tanah Air.

Seperti diketahui, para tamu negara yang hadir di KTT ASEAN kerap mendapat penghormatan militer. Hal itu biasanya dilakukan oleh Pasukan Kehormatan atau Pasukan Cordon dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

“Pasukan Cordon merupakan prajurit-prajurit militer TNI Angkatan Darat (AD) terbaik. Mereka bertugas sebagai pengawal protokoler kenegaraan. Tugas Pasukan Cordon menyambut kedatangan kepala- kepala negara yang menghadiri KTT ASEAN ke-43," ujar Komandan Pleton (Danton) Pasukan Kehormatan Cordon Letda CPM Sumarjo Sianturi, Rabu (6/9/2023).



Pasukan Cordon mengenakan seragam yang berbeda dengan pasukan lainnya. "Jika para kepala-kepala negara berada di Istana (Presiden) kita mengenakan (seragam) merah putih. Tapi saat KTT ASEAN ini kita istimewa menggunakan baju Pasukan Cordon," ujar dia.

Sedangkan, untuk gelaran makan malam (gala dinner) dan acara resmi yang dihadiri oleh para kepala negara, Pasukan Cordon akan mengenakan seragam berwarna hitam.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)