4 Fakta Egianus Kogoya, Panglima Komando KKB yang Sebar Teror di Tanah Papua

Rabu, 06 September 2023 - 16:20 WIB
loading...
4 Fakta Egianus Kogoya, Panglima Komando KKB yang Sebar Teror di Tanah Papua
Egianus Kogoya adalah pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyebar teror di tanah Papua. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Egianus Kogoya adalah salah satu pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyebar teror di tanah Papua. Sosok pemimpin KKB ini kerap menjadi sorotan karena aksi kriminalnya.

Terlebih setelah pasukan Egianus Kogoya melakukan aksi penyandraan pilot pesawat Susi Air. Kini tempat persembunyian KKB yang dipimpin Egianus kabarnya telah berhasil dibongkar oleh TNI.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu niat pasukan Egianus untuk melepaskan sandera yang ditawan. Menurut Panglima Kodam, tidak sulit untuk membekuk KKB saat ini.

Terkait hal tersebut, banyak orang yang penasaran dengan sosok salah satu pemimpin KKB Egianus Kogoya. Berikut fakta-faktanya.

Fakta Egianus Kogoya


1. Egianus Kogoya Masih Muda


Sebagai salah satu orang penting di KKB, rupanya usia Egianus masihlah tergolong muda. Dia diketahui lahir pada tahun 1999, sehingga usianya saat ini diperkirakan 24 tahun.

2. Anak dari Pemimpin KKB Sebelumnya


Egianus yang menjadi pemimpin KKB tak lepas dari pengaruh sang ayah. Ayah Egianus Kogoya merupakan mantan pemimpin KKB Papua di Kabupaten Nduga.



Ayah Egianus yang diketahui bernama Silas Kogoya ini merupakan tokoh OPM yang cukup populer, namun dirinya telah meninggal dunia.

3. Pemimpin Kelompok KKB


Kelompok KKB yang dipimpin oleh Egianus merupakan salah satu dari tujuh kelompok bersenjata yang masih aktif di Papua.

Tercatat bahwa kelompok yang dipimpin Egianus memiliki sekitar 50 anggota aktif. Mereka yang bertanggung jawab atas sejumlah kekacauan dan teror yang terjadi di Papua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)