4 Pangkostrad Kelahiran Yogyakarta, Salah Satunya Jenderal Bintang Lima

Senin, 04 September 2023 - 10:45 WIB
loading...
4 Pangkostrad Kelahiran Yogyakarta, Salah Satunya Jenderal Bintang Lima
Ada sejumlah nama Pangkostrad kelahiran Yogyakarta. Salah satunya Letjen TNI (Purn) Soegito. Foto/Dok. Ist
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah nama Pangkostrad kelahiran Yogyakarta yang menarik diketahui. Salah satunya menyandang pangkat jenderal bintang lima.

Kostrad merupakan akronim dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat. Satuan yang berada di bawah naungan TNI AD ini dipimpin oleh seorang Panglima yang lebih dikenal dengan sebutan Pangkostrad.

Melihat riwayatnya, posisi Pangkostrad telah dijabat banyak perwira tinggi TNI . Dari sekian nama, beberapa di antaranya diketahui berasal dari Yogyakarta. Siapa sajakah mereka?

Pangkostrad Kelahiran Yogyakarta


1. Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto

4 Pangkostrad Kelahiran Yogyakarta, Salah Satunya Jenderal Bintang Lima


Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto merupakan Presiden kedua Indonesia yang menjabat pada periode 1968 hingga 1998. Terlepas dari statusnya ini, Soeharto juga dikenali sebagai salah seorang tokoh militer terkemuka di Tanah Air.

Mengutip keterangan di laman TNI, Soeharto lahir di Kemusuk, Bantul, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Melihat riwayatnya, dia menjadi salah satu jenderal bintang lima di Indonesia.



Saat aktif di militer, telah banyak jabatan penting yang ditempati Soeharto. Salah satunya adalah Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Soeharto bahkan tercatat sebagai Pangkostrad pertama sepanjang sejarah. Berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen), dia menduduki jabatan ini sejak awal Maret 1961 hingga 2 Desember 1965.

2. Jenderal TNI (Purn) Wiranto


Jenderal TNI (Purn) Wiranto lahir di Yogyakarta pada 4 April 1947. Telah lama pensiun dari militer, saat ini dia mengemban tugas sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)