HUT ke-25, Anggota AKPI Diimbau Jaga Profesionalitas dan Integritas

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:07 WIB
loading...
HUT ke-25, Anggota AKPI Diimbau Jaga Profesionalitas dan Integritas
Ketua Umum AKPI Imran Nating mengingatkan anggotanya untuk menjaga integritas dan makin profesional. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) Imran Nating mengingatkan anggotanya untuk menjaga integritas dan makin profesional. Hal itu penting seiring berkembangnya organisasi AKPI yang kini berusia 25 tahun.

Imran menjelaskan, usia 25 tahun bagi sebuah organisasi adalah waktu yang cukup matang untuk terus berkembang, semakin modern, makin dinamis dan makin profesional melayani anggotanya. "Target dan harapan kami pada HUT AKPI yang ke-25 tahun ini organisasinya makin matang, makin modern, makin dinamis dan makin profesional melayani anggotanya," ungkap Imran saat perayaan HUT AKPI di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Perayaan HUT AKPI kali ini digelar bersamaan dengan agenda Rapat Anggota Tahunan. Selain itu, Imran juga berharap agar anggotanya makin profesional dan menjaga integritas dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Hal ini penting kata Imran karena profesi kurator dan pengurus adalah profesi strategis mengelola harta kekayaan debitur. "Anda bisa bayangkan jika tidak dikelola dengan profesional, tidak menjaga integritas, maka ini bisa merugikan para kreditur dan tentu debitur sendiri," kata Imran.



Imran meyakini, AKPI sejauh ini berkembang dengan sangat baik dan positif dengan pertumbuhan yang luar biasa, baik dari sisi jumlah anggota maupun profesionalisme anggotanya karena kepailitan dan PKPU terus berjalan sehingga anggotanya semakin paham.

Salah satu standard organisasi yang diterapkan di AKPI kata Imran adalah memegang teguh kode etik dan standard profesi secara tegas tanpa ruang abu-abu. Di AKPI jika terjadi pelanggaran kode etik dan standard profesi maka dewan kehormatan langsung melakukan pemeriksaan.



"Hal ini kami sangat serius sehingga kami juga lakukan update standar profesi, mungkin standar profesi kita ada yang tidak sesuai, itu akan diupdate. Kita ada dewan standar profesi namanya yang setiap saat akan mengupdate," jelasnya.

Hal lain adalah peningkatan kapasitas anggota yang menurut Imran semakin rutin dilakukan. Jika sebelumnya pendidikan lanjutan itu hanya dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, maka kepemimpinan Imran pendidikan kurator dilakukan dua kali dalam satu tahun.

"Memang anggota wajib satu kali pelatihan bahkan dalam 5 tahun. Tapi pada periode kami, dilaksanakan dua kali pendidikan lanjutan dalam satu tahun. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas anggota, ngecas ilmu lagi karena lama tidak belajar lagi akan lupa. Jadi itu antara lain langkah-langkah yang kita lakukan untuk menghasilkan kurator dan pengurus yang makin profesional dan pastinya menjaga integritasnya," tukas Imran.

Sekjen AKPI Nien Rafles Siregar menambahkan HUT AKPI kali ini istimewa karena empat orang pendiri hadir. Mereka adalah Fred B.G Tumbuan, Kartini Muljadi, Marjan E. Pane, Jusuf Wibisana, Amir Abadi Jusuf, Jan Hoesada, Jahja Rahmanto, Laksmi Juwita, Tuti Simorangkir, Timur Sukirno, Ferry P. Madian, Ary A. Efendi, Ery Yunasri, dan William Edward Daniel.

"Setidaknya kamu diingatkan kembali makna logo AKPI dengan tiga garis tegak lurus yang artinya AKPI akan selalu berada pada koridornya yaitu menjaga profesionalitas dan berintegritas. Apa yang pendiri dulu rencanakan mudahan masih bisa kita teruskan dan pertahankan diusia 25 tahun dan untuk tahun-tahun yang akan datang," kata Nien.

Ketua Panitia HUT AKPI Novio Manurung menambahkan pula bahwa perayaan HUT AKPI kali ini digelar dalam beberapa rangkaian acara seperti badminton competition, Mini Soccer Cup, Golf Tournament, 9 Ball Championship, Lomba Video Lagu Daerah, dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. "Ini tentu bentuk kebanggan kami pada organisasi ini sebagai yang paling tua dan berharap agar kontribusi AKPI pada bangsa dan negara ini semakin besar," kata Novio.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)