Ganjar Pranowo: Riset adalah Kunci Peningkatan Kualitas Farmakologi Dalam Negeri

Kamis, 24 Agustus 2023 - 15:22 WIB
loading...
Ganjar Pranowo: Riset adalah Kunci Peningkatan Kualitas Farmakologi Dalam Negeri
Bakal calon presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo mengatakan riset adalah kunci untuk peningkatan industri kesehatan dalam negeri. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bakal calon presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo mengatakan riset adalah kunci untuk peningkatan industri kesehatan dalam negeri.

Hal itu dikatakan Ganjar saat memberikan sambutan pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Tahun 2023 Ikatan Apoteker Indonesia di Hotel Grand Mercure, Solo Baru, Sukoharjo.



Dirinya sangata mendukung peningkatan riset guna menyiapkan kekuatan farmakologis dari dalam negeri. Sebab riset perlu dilakukan oleh apoteker untuk mengantisipasi perkembangan penyakit pada masa depan.

"Musti riset terus-menerus. Ini momentum para apoteker untuk melakukan riset, berkolaborasi dan mengantisipasi perubahan dunia, khususnya soal disease," ujar Ganjar, Kamis (24/8/2023).



Lebih rinci, Ganjar menjelaskan peran apoteker menjadi penting dalam antisipasi perubahan dunia kesehatan. Dirinya tak menginginkan terjadi kepanikan di tengah masyarakat ketika Covid-19 muncul pada tahun 2020 lalu.

"Jangan sampai kemarin kita panik semuanya karena kita tidak punya obat dan hingga akhirnya banjir impor," katanya.

Dirinya mengaku riset sangat perlu dilakukan secara terus-menerus untuk menyiapkan kekuatan farmakologis dalam negeri menghadapi tantangan dunia kesehatan ke depan. Agar kejadian ketika terjadi pendemi seperti Covid-19 masyarakat tidak kembali panik.

"Penting untuk melihat tren perkembangan zaman dan menyiapkan kekuatan farmakologis dari dalam negeri karena kita kaya soal itu," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)