Momen Presiden Jokowi Hadiri Festival Budaya Nasional Mozambik

Rabu, 23 Agustus 2023 - 19:12 WIB
loading...
Momen Presiden Jokowi Hadiri Festival Budaya Nasional Mozambik
Presiden Jokowi berjalan bersama Presiden Republik Mozambik Filipus Nyusi dalam pembukaan National Festival of Culture Mozambik di Lapangan Asosiasi Red Bulls, Maputo, Republik Mozambik, Rabu (23/8/2023). FOTO/SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menghadiri undangan Presiden Republik Mozambik Filipus Nyusi dalam pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 atau National Festival of Culture Mozambik. Acara digelar di Lapangan Asosiasi Red Bulls, Maputo, Republik Mozambik, Rabu (23/8/2023).

Tiba sekitar pukul 08.45 waktu setempat (WS) atau pukul 13.45 WIB, Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian batik lengan panjang disambut oleh Presiden Filipe Nyusi. Keduanya kemudian berjalan bersama-sama menuju panggung kehormatan. Jokowi bersama Nyusi terlihat kompak mengenakan ikat kepala tradisional Afrika.

Setibanya di panggung kehormatan, lagu kebangsaan kedua negara dilantunkan diikuti parade kebudayaan. Perwakilan dari 11 provinsi di Mozambik dengan mengenakan pakaian adatnya secara bergantian melintas di hadapan kedua kepala negara.



Setelah parade selesai, acara dilanjutkan tarian kolosal lalu penampilan tari setiap provinsi. Jokowi dan Nyusi menikmati setiap penampilan dari acara kesenian yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Mozambik tersebut.

National Festival of Culture Mozambik merupakan acara kesenian tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Mozambik yang diikuti sekitar 1.500 seniman dari seluruh Mozambik. Dalam festival ini dipertunjukkan berbagai seni seperti kerajinan tangan, musik, film, tarian, fotografi, gastronomi, dan lain sebagainya.

Setelah mengikuti pembukaan festival kebudayaan, Presiden Jokowi mengunjungi Kantor Presiden Republik Mozambik, Maputo, Republik Mozambik, untuk melakukan pertemuan bilateral antarkedua negara yang akan membahas sejumlah kerja sama di beberapa bidang.



Turut mendampingi Presiden Jokowi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Duta Besar RI untuk Republik Mozambik dan Malawi Herry Sudrajat.

Turut hadir juga dari pemerintah Mozambik Menteri Budaya dan Pariwisata Eldevina Maturula, Sekretaris Negara Judite Musaculla, dan Gubernur Provinsi Maputo Julio Parruque.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)