Megawati Didampingi Ganjar Resmikan Patung Bung Karno di Kaki Gunung Merapi

Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:36 WIB
loading...
Megawati Didampingi Ganjar Resmikan Patung Bung Karno di Kaki Gunung Merapi
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri peresmian Patung Bung Karno di Oemah Petroek, Dusun Wonorejo, Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, DIY, Rabu (23/8/2023). FOTO/MPI/ERFAN ERLIN
A A A
SLEMAN - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri peresmian Patung Bung Karno di Oemah Petroek, Dusun Wonorejo, Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (23/8/2023). Dalam peresmian itu, Megawati didampingi didampingi bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Megawati dan rombongan yang tiba di Oemah Petroek sekitar pukul 12.45 WIB langsung disambut oleh para seniman. Badut Petruk setinggi lebih dari 2,5 meter juga ikut menyambut.

Megawati kemudian bersalaman dengan tokoh lintas agama yang hadir. Diiringi lantunan shalawat, Megawati dan rombongan kemudian melihat pameran foto Bung Karno. Setidaknya ada 20 foto aktivitas Bung Karno berbagai ukuran dipajang di ruang pamer tersebut.



Presiden ke-5 Republik Indonesia (RI) itu tampak mencermati satu per satu foto ayahnya tersebut dan dengan seksama mendengarkan penjelasan. Setelah itu, rangkaian acara peresmian pun dimulai.

Acara dibuka dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Romo Benny Soesatyo. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia GM Totok Hedi Santosa didampingi pembuat patung Bung Karno, Dunadi. Acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni tari oleh para seniman.

Dalam sambutannya, GM Totok Hedi Santosa bercerita sekitar 2 bulan lalu ada sebuah perbincangan antara budayawan Sindunata dan pematung Dunadi. Perbincangan keduanya mengenai apakah ada kemungkinan patung Bung Karno yang dibuat diresmikan langsung Megawati.



"Mungkinkah Ibu (Megawati) kerso (bersedia) datang untuk meresmikan patung Bung Karno di sebuah desa yang sangat terpencil di kaki Gunung Merapi," katanya.

Hasil perbincangan itu, kata Totok, kemudian disampaikan kepada dirinya. Untuk memastikan, ia pun langsung menghubungi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Kemudian kami mendapatkan kabar yang sangat menggembirakan bahwa Ibu kerso datang di sini untuk meresmikan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2671 seconds (0.1#10.140)