FISIP UI Akan Gelar Kuliah Kebangsaan, Undang 3 Bakal Capres 2024

Selasa, 22 Agustus 2023 - 20:55 WIB
loading...
FISIP UI Akan Gelar Kuliah Kebangsaan, Undang 3 Bakal Capres 2024
FISIP UI akan menggelar Kuliah Kebangsaan dengan menghadirkan tiga bakal capres, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ( FISIP UI ) akan menggelar Kuliah Kebangsaan dengan menghadirkan tiga bakal calon presiden ( capres ), yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Konsep acara bukan debat tapi menyampaikan kuliah umum secara terpisah.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UI Muhammad Rafkarilo Afi saat dikonfirmasi mengenai undangan Kuliah Kebangsaan bertema Hendak ke Mana Indonesia Kita?: Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan yang telah beredar luas.

"Saya dapat memverifikasi bahwa undangan yang tersebar adalah benar," kata Rafka, Selasa (22/8/2023).



Ia menjelaskan, nantinya bakal capres hadir secara terpisah dan tidak menggunakan konsep debat antarkandidat.

"Untuk bacapresnya sendiri akan hadir secara terpisah, tetapi tiga-tiganya sudah mengonfirmasi. Iya betul (bukan debat antarkandidat Bacapres). Formatnya lebih ke forum akademik untuk menguji gagasan, rancangan, dan pengalaman dari masing-masing bacapres," katanya.

Menurut Rafka, bacapres yang sudah pasti hadir adalah Anies Baswedan. Anies dijadwalkan memberikan kuliah umum pada 29 Agustus 2023. Sedangkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dijadwalkan pada September 2023.

"Yang sudah pasti baru Pak Anies di tanggal 29 Agustus. Untuk proyeksi Pak Ganjar dan Pak Prabowo di bulan September mendatang," katanya.

Rafka berharap kegiatan kuliah kebangsaan dapat menjadi forum untuk mempertanggungjawabkan gagasan dan rancangan masing-masing kandidat bacapres secara sehat.

"Besar harapan saya bahwa acara Kuliah Kebangsaan FISIP UI akan menjadi forum akademis yang konstruktif, mendidik, serta mampu menjadi wadah untuk mempertanggungjawabkan gagasan dan rancangan bacapres 2024 secara sehat," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3378 seconds (0.1#10.140)