Bertolak ke Tanzania, Jokowi Dilepas Presiden Kenya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 04:10 WIB
loading...
Bertolak ke Tanzania, Jokowi Dilepas Presiden Kenya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut hangat oleh Presiden Republik Kenya William Ruto saat kunjungan kenegaraan di State House, Nairobi, Republik Kenya. Foto: IG @jokowi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan mengakhiri kunjungan kenegaraan di Nairobi, Republik Kenya kemudian bertolak ke Republik Tanzania, Senin (21/8/2023).

Dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi berangkat melalui Bandara Udara International Jomo Kenyatta Nairobi pukul 15.40 waktu setempat.

Keberangkatan Jokowi turut dilepas Presiden Republik Kenya William Ruto, Kepala Protokol Negara Republik Kenya Betty Chewron, Menteri Pertambangan, Ekonomi Biru, dan Kemaritiman Salim Mvurya selaku Escort of Honour, dan Istri Duta Besar RI untuk Republik Kenya Zulfah Nahdliyati Saripudin.



Jokowi mendorong agar kemitraan antara negara-negara berkembang terus diperkuat menjadi lebih kokoh. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya seusai pertemuan bilateral bersama Presiden Republik Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Republik Kenya.

“Dalam kondisi ketidakpastian global saat ini sudah saatnya kita memperkokoh kembali spirit Bandung antara negara The Global South,” ujar Jokowi, Senin (21/8/2023).

Sudah saatnya suara dan juga kepentingan dari negara-negara berkembang harus didengarkan dunia, termasuk hal untuk melakukan lompatan pembangunan.

Dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan Kenya membahas sejumlah kerja sama dalam berbagai sektor. Jokowi menyebutkan salah satunya yakni mendorong pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) di Kenya.

“Indonesia dapat menjadi pintu masuk Kenya ke ASEAN dan Kenya dapat jadi pintu masuk Indonesia ke Sub Sahara Afrika. Untuk itu saya mendorong pembentukan Preferential Trade Agreement sesegera mungkin,” katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)