HUT ke-78 RI, Polri Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Jembatan Pulau Balang Kaltim

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:11 WIB
loading...
HUT ke-78 RI, Polri Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Jembatan Pulau Balang Kaltim
Bendera Merah Putih berukuran 4 x 200 meter ini dibentangkan di Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur pada 10 Agustus 2023. FOTO/TANGKAPAN LAYAR VIDEO
A A A
JAKARTA - Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Polri ) turut menyemarakkan perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI), dengan membentangkan bendera Merah Putih raksasa di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya di Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur.

Pengibaran bendera Merah Putih berukuran 4 x 200 meter ini dilakukan pada 10 Agustus 2023.

"Kenapa harus jembatan Pulau Balang? Karena jembatan tersebut merupakan jembatan yg akan menghubungkan Balikpapan dengan IKN (Ibu Kota Negara) dan merupakan simbol megah yang sementara ini sudah ada terkait pembangunan IKN Nusantara di Kaltim," kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam video kolosal Hari Kemerdekaan RI ke-78, Jumat (18/8/2023).



Pembentangan bendera Merah Putih raksasa itu melibatkan 1.000 orang dari beberapa unsur. Mulai dari antara lain gabungan tiga matra TNI di wilayah Kaltim, Polri dari berbagai satker, pemerintah daerah, Basarnas, BNN Daerah, BPBD, PUPR, hingga pelajar, mahasiswa, dan masyarakat adat.

Kapolri menilai peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini terasa istimewa lantaran Indonesia telah dinyatakan bebas dari pandemi Covid-19. "Kemarin, kita berada dalam masa yang tak mudah. Masa di mana kita harus bersama-sama berjuang. Taklukkan semua tantangan yang ada," ucap Kapolri.

Tampilan video menunjukkan bagaimana Indonesia berjuang memerangi virus Covid-19 yang mendunia. Kapolri bersama jajaran juga berada di garis terdepan membantu menghadapi Covid-19.

"Kita terlahir dengan keberagaman. Kita berbeda, namun terikat satu tujuan. Kita tak sama, tapi akan terus bergerak bersama. Melangkah, terus merajut persatuan dan kesatuan," katanya.



Video kemudian menampilkan anggota-anggota kepolisian dari seluruh pelosok negeri. Kiprah para Korps Bhayangkara itu bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

"Jiwa raga ini untukmu, NKRI. Satu rasa saling memiliki. Saling bergandengan tangan. Berjuang untuk kemajuan. Berlarilah... terus berlari," katanya.

"Biarkan merah, kobarkan semangat perjuangan dalam darah. Biarkan putih, bergelora dalam sanubari. Membawa kedamaian untuk ibu pertiwi. Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju," kata Jenderal Listyo Sigit sembari mengepalkan tangan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)