alexametrics

Kebangkitan Ulama

Mengingat Kembali Pesan Syeikh Hasyim Asyari

loading...
Mengingat Kembali Pesan Syeikh Hasyim Asyari
KH Hasyim Asyari. Foto/Dok/ipnuippnu.co.id
A+ A-
DINAMIKA yang terjadi di Indonesia belakangan ini semakin memanas. Apalagi dinamika yang terjadi menyangkut isu suku, ras, agama dan antargolongan (SARA). Isu ini dipicu adanya pernyataan dari Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau dikenal Ahok yang menyinggung keyakinan umat Islam.

Pernyataan Ahok memicu munculnya Aksi Bela Islam I pada 22 Oktober 2016 dilanjutkan dengan Aksi Bela Islam II pada 4 November (411) 2016 dan dilanjutkan Aksi Bela Islam 2 Desember (212) 2016 yang diikuti jutaan umat muslim. Rangkaian aksi juga dipicu lambannya respons lembaga penegak hukum atas laporan dugaan penistaan agama yang melibatkan Ahok.



Aksi umat muslim rencananya akan berlanjut pada 11 Februari (112) 2017 dengan nama Aksi Bela Ulama. Aksi ini dipicu oleh sikap dan pernyataan Ahok bersama tim hukumnya terhadap Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma'ruf Amin.

Sikap dan pernyataan Ahok bersama tim hukumnya dalam persidangan perkara penistaan agama dinilai telah merendahkan KH. Ma'ruf Amin. Umat muslim, khususnya warga NU juga memprotes Ahok dan tim hukumnya yang mengancam akan membawa KH Ma'ruf Amin ke proses hukum dengan tuduhan memberikan kesaksian palsu.

Di tengah dinamika yang melibatkan jutaan umat muslim, patut kiranya mengingat kembali pesan yang disampaikan Rais Akbar KH Hasyim Asyari yang disampaikan pada Pembukaan Muktamar NU XVII di Madiun 1947. Berikut pesan tersebut:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Hanya keharibaan-Mu, Ya Allah, kami memuji. Wahai Dzat yang merendahkan dan menghinakan orang-orang yang congkak dan sombong yang telah meruntuhkan tahta firaun dan para kaisar yang sombong dan congkak.

Tak seorang pun yang mampu mencegah apa yang engkau berikan dan tak ada seorang pun yang mampu memberikan apa yang tidak engkau kehendaki untuk diberikan. Maha Suci, Engkau ya Allah dan Maha Unggul.
halaman ke-1 dari 6
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak