Jokowi Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Penyelundupan

Rabu, 25 Januari 2017 - 17:38 WIB
Jokowi Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Penyelundupan
Jokowi Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Penyelundupan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas berkaitan dengan masalah penyelundupan.‎ Menurutnya, peta kerawanan dan gambaran mengenai kejahatan penyelundupan sudah terbukti ada.

‎"Tinggal sekarang kuncinya ada pada pencegahan, pengawasan dan penegakan hukumnya," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Jokowi meminta, ada langkah konkret untuk menindak pelaku penyelundupan di lapangan. Sebab, kasus ini dianggap bukan saja merugikan keuangan negara, melainkan mematikan industri nasional.

Menurutnya, untuk mengatasi masalah penyelundupan perlu dilakukan sejumlah hal di antaranya yang pertama, membangun sistem pengawasan dan pencegahan yang efektif. Kemudian yang kedua, Jokowi meminta aparat berwenang memprioritaskan wilayah yang dianggap rawan terhadap aksi penyelundupan.

"Yang ketiga terkait dengan penegakan hukum sekali lagi minta lebih tegas, lebih konsisten, lebih keras, dan dilakukan secara terus menerus," ucapnya.

Terkait masalah ini, Jokowi meminta kepada aparat kepolisian dan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mendukung upaya penindakan terhadap aksi penyelundupan. Termasuk jika penyelundupan melibatkan aparat penegak hukum.

"Tindak tegas aparat yang bermain di penyelundupan terutama yang menjadi beking semuanya harus ditindak tegas tanpa pandang bulu," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4938 seconds (0.1#10.140)