5 Mayor Jenderal Baru yang Pecah Bintang di Awal Agustus 2023, Salah Satunya Jabat Gubernur Akmil

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 15:26 WIB
loading...
5 Mayor Jenderal Baru yang Pecah Bintang di Awal Agustus 2023, Salah Satunya Jabat Gubernur Akmil
Sejumlah Perwira Tinggi TNI pecah bintang menjadi Mayor Jenderal periode Agustus 2023. Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono baru saja melakukan mutasi terhadap sejumlah prajurit TNI . Dari 80 prajurit yang dimutasi, beberapa di antaranya pecah bintang menjadi jenderal bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen).

Keputusan tersebut didasarkan pada Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin 1423/VII/2023 tanggal 28 Juli 2023. Sementara itu, upacara kenaikan pangkat ini diadakan pada 3-4 Agustus 2023 kemarin di Mabes TNI, Cilangkap, Jawa Timur.

Berikut ini beberapa nama perwira tinggi yang pecah bintang menjadi Mayor Jenderal periode Agustus 2023.

Mayor Jenderal Baru yang Pecah Bintang di Awal Agustus 2023

1. Mayjen TNI Diding Ahmad Kizwini


Mayjen TNI Diding Ahmad Kizwini adalah seorang perwira tinggi TNI-AD. Sejak 26 Juni 2023 lalu, ia sudah mulai menjabat sebagai Kepala Pusat Pembekalan Angkutan Darat (Kapusbekangad).



Pria kelahiran tahun 1965 ini merupakan jebolan dari Akademi Militer tahun 1988 dan berasal dari korps Perbekalan Angkutan (Cba). Sebelum dipindahkan, jenderal bintang dua menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Pembekalan Angkutan Darat.

2. Mayjen TNI Arif Bukhori


Selanjutnya ada Mayjen TNI Arif Bukhori. Perwira tinggi yang satu ini naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga dengan posisi barunya sebagai Pa Sahli Tingkat III Kasad Bidang Jahpers sejak 26 Juni 2023.

Diketahui dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 dari korps Infanteri (Kopassus). Selama kariernya di militer, pria yang lahir pada tahun 1967 ini banyak menduduki posisi strategis seperti Aster Kaskostrad, Danyonif 200/Raider, dan Dandim 0420/Sarolangun Bangko.

3. Mayjen TNI Dr. dr. Prihati Pujowaskito


Nama Prihati Pujowaskito juga muncul sebagai nama jenderal yang naik pangkat menjadi Mayor Jenderal pada Agustus 2023 ini. Dokter spesialis jantung ini ditunjuk sebagai Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unhan.



Karier dokter militer asal Solo ini juga tergolong moncer. Dalam riwayatnya, dia pernah menjabat sebagai Kasubdep Jantung RS Dustira Kesdam III, Sub Smf Kardioangioplasti-1 Gol IV/Kol Dep Jantung RSPAD Gatot Soebroto, dan Ketua Medik Rumah Sakit Gatot Subroto.

4. Mayjen TNI Toto Nurwanto


Mayjen TNI Toto Nurwanto telah mengemban amanat sebagai Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Wadanpussenif) sejak 17 Juli 2023. Jabatan terakhir jenderal bintang Dua ini adalah Direktur Pendidikan Kodiklatad.

Selain karier yang moncer, jenderal asal Cirebon, Jawa Barat ini juga pernah mendapat tugas yang cukup berat. Dalam riwayatnya, Nurwanto pernah menjadi Wakil Penanggung Jawab Operasi Madago Raya pada tahun 2022.

5. Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha

5 Mayor Jenderal Baru yang Pecah Bintang di Awal Agustus 2023, Salah Satunya Jabat Gubernur Akmil

Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer (Akmil) sejak 17 Juli 2023. Dia merupakan lulusan Akmil tahun 1991 dari korps Infanteri (Kopassus).

Soal pendidikannya, jenderal asal Pasuruan ini banyak mengenyam pendidikan militer. Sebut saja seperti Sesarcabif, Dik PARA, Dik Komando, Dik Gultor, Dik Free Fall, Dik PARA Utama, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad, Sesko TNI, dan Lemhannas RI.

Di sisi lain, karier di militernya pun kerap mengisi jabatan penting. Sebut saja seperti, Inspektur Kodam I/Bukit Barisan, Komandan Korem 051/Wijayakarta dan Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1460 seconds (0.1#10.140)