Anies Baswedan Bicara Soal Ilmu Berlian di Peluncuran Buku AHY

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 00:44 WIB
loading...
Anies Baswedan Bicara Soal Ilmu Berlian di Peluncuran Buku AHY
Bacapres 2024 dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan saat menyampaikan pidato di peluncuran buku Tetralogi Transformasi AHY di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Foto/MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (bacapres) 2024 dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan berbicara soal ilmu berlian. Hal itu disampaikan saat menghadiri peluncuran buku Tetralogi Transformasi AHY di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/20223).

Dia mengatakan, berlian kalau dijual hitungannya gram. Anies pun menyandingkan dengan batu bara yang apabila dibeli hitungannya ton bahkan dengan kapal tongkang.

"Enggak ada orang jual batu bara itu gram. Tapi juga sebaliknya, enggak mungkin kita beli berlian setengah ton, enggak ada," ujarnya.

Namun, lanjut Anies, ada yang menarik dari kedua batu tersebut karena batubara dan berlian berasal dari materi yang sama kendati nilainya berbeda.

"Berlian dan batubara berasal dari materi yang sama. yang tidak kena tekanan tinggi, yang tidak kena suhu bumi tinggi akan menjadi batubara. Tapi yang kena suhu tinggi, kena gemblengan dia jadi berlian," ujarnya.

"Jadi yang kemarin-kemarin kena tekanan tinggi sesungguhnya menjadi berlian berlian masa depan," tambah Anies.


Anies pun menyamakan berlian dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Di mana, sejak menjadi ketua umum pada awal 2020, harus dihadapkan dengan permasalahan.

Mulai dari Covid-19 sampai kepengurusan Partai Demokrat yang disengketakan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

"Proses pengadilan itu adalah gemblengan untuk menjadi negarawan melampaui politisi, itu sebuah tantangan yang tidak sederhana," ucap Anies.

Diketahui, KSP Moeldoko mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat terselenggara di Deli Serdang, Sumatera Utara pada Jumat, 5 Maret 2021. Namun, KLB tersebut dinyatakan tidak sah alias ilegal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)