Didorong Maju Jadi Ketum IKA UB, Sekjen PUPR Punya Harapan Besar

Rabu, 09 Agustus 2023 - 16:14 WIB
loading...
Didorong Maju Jadi Ketum IKA UB, Sekjen PUPR Punya Harapan Besar
Sekjen Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat 11 Agustus 2023. Sejumlah nama muncul untuk menjadi calon Ketua Umum IKA UB, seperti Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Zainal Fatah.

Zainal Fatah didorong menggantikan Ketum IKA UB Periode 2019-2023, Prof Erani Yustika yang akan habis masa tugasnya bulan ini.

Cak Fatah, sapaan akrabnya, mengakui sudah lama mendapat dorongan dari banyak pihak untuk maju sebagai calon Ketum IKA UB. Makin mendekati Munas, dorongan makin banyak. Ia pun akhirnya meminta izin ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk maju.

"Saya bilang, Pak saya jadi maju IKA UB. Beliau jawab, Oiya harus. Kalau beliau bilang harus kan berarti sudah tugas," kata Cak Fatah, saat ditemui awak media di taman Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Cak Fatah menyampaikan, publik pastinya sudah hafal dari spirit Pak Basuki. "Kalau dikasih tugas enggak boleh mundur," ujarnya.

Kenapa akhirnya mau menjadi Caketum IKA UB? Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) itu berharap ke depan IKA UB menjadi besar. IKA dapat membersamai alumni muda untuk mencapai karier lebih cepat.

"Caranya dengan memberikan akses kesempatan pelatihan, pemagangan, sertifikasi profesional, dan kerja. Dari alumni untuk alumni," cetusnya.

Menurut dia, IKA UB punya potensi luar biasa untuk menjadi besar. Dilihat dari input misalnya, mahasiswa UB jumlahnya paling besar. Begitu masuk kampus, dosen UB juga termasuk pemegang paten terbesar.

Bukan hanya sekadar penelitian, tapi sudah berbentuk barang yang mendapat paten yang sebagian besar di home industry. Artinya karya dosen UB sudah diakui dan sudah terstandar.

Kemudian interaksi dosen dan mahasiswa juga bagus. Terlihat dari kalau ada gelaran PIMNAS, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional itu yang juara pasti UB. "Kalau enggak juara 2 pasti juara 1," ungkapnya. .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)