Gus Yahya Larang Nahdliyin Tiru Ucapan Rocky Gerung: Sangat Tidak Sopan

Senin, 07 Agustus 2023 - 17:22 WIB
loading...
Gus Yahya Larang Nahdliyin Tiru Ucapan Rocky Gerung: Sangat Tidak Sopan
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menganggap ucapan Rocky Gerung terkait Presiden Jokowi sangat tidak sopan sehingga tidak boleh ditiru. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menanggapi pernyataan Rocky Gerung yang diduga menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gus Yahya meminta warga nahdliyin tidak meniru ucapan Rocky Gerung karena tidak sopan.

"Saya serukan kepada seluruh warga NU untuk tidak meniru, tidak melakukan hal yang sama, kepada siapa pun," kata Gus Yahya di sela-sela acara ASEAN Intercultural dan Interreligious Dialogue Conference (IIDC) 2023 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Senin (7/8/2023).

Gus Yahya enggan masuk dalam urusan politik sebagai imbas dari pernyataan Rocky Gerung. Namun yang pasti, kata Gus Yahya, ungkapan Rocky kepada Presiden Jokowi sangat tidak sopan.



"Saya hanya bisa mengatakan bahwa ucapan-ucapan seperti yang dilakukan oleh Rocky Gerung dengan ungkapan yang kita semua tahu itu sangat tidak sopan, sangat tidak sopan ya," katanya.

Juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini juga meminta kepada aktor-aktor politik hingga tokoh publik tidak mencontoh ucapan yang dikeluarkan Rocky Gerung. Sebab bangsa Indonesia, lanjutnya, tidak menolerir ketidaksopanan.

"Karena ya minta agar supaya aktor-aktor politik dan aktor-aktor publik lainnya tidak melakukan itu ya masa kita ini bangsa mau mentolerir ketidaksopanan sampai tingkat sejauh itu paling ndak," katanya.



Untuk diketahui, Rocky Gerung dilaporkan ke polisi atas ucapannya yang diduga menghina atau menyebarkan ujaran kebencian pada Presiden Jokowi. Total ada 20 laporan yang masuk. Saat ini semua laporan terkait Rocky Gerung ditarik ke Bareskrim Polri.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)