Jokowi Ingin Kebaya Dipakai di Semua Event Pemerintah

Minggu, 06 Agustus 2023 - 19:12 WIB
loading...
Jokowi Ingin Kebaya Dipakai di Semua Event Pemerintah
Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada awak media di depan Istana Merdeka usai pelaksanaan Istana Berkebaya, Minggu (6/8/2023) sore. FOTO/MPI/CARLOS ROY FAJARTA
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menginginkan semua event dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah beserta jajarannya selalu menggunakan busana daerah kebaya maupun pakaian adat tradisional lainnya. Hal tersebut penting untuk menggaungkan kembali semangat cinta akan budaya Tanah Air di seluruh generasi.

"Ya, kita ini kan ingin mengenalkan kembali kebaya agar kita kembali pada karakter dan kepribadian Indonesia. Karena sekali lagi kebaya adalah karakter masyarakat, khususnya wanita Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan, dan bersahaja," kata Jokowi kepada awak media di depan Istana Merdeka usai pelaksanaan Istana Berkebaya, Minggu (6/8/2023) sore.

Jokowi mengatakan, semangat menggunakan pakaian daerah harus terus kembali digencarkan, tidak hanya di Jakarta tetapi juga di daerah-daerah. "Karena setiap daerah juga ada. Ada kebaya encim di Jakarta, ada kebaya Sunda, kebaya Jawa, kebaya Kalimantan, kebaya Sulawesi, Sumatera, semua ada kebaya," kata Jokowi.



Terkait desain kebaya yang selalu mengikuti tren kekinian, Jokowi menyebutkan harus tetap mengikuti budaya ketimuran masyarakat Indonesia. "Ya, kalau ini terus ditampilkan seperti ini kreasi baru, desain, dan inovasi baru, maka akan muncul, akan muncul warna berbeda, desain berbeda, dan warna-warni, itulah Indonesia," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan tidak akan memaksa penggunaan baju kebaya, tapi ia ingin semangat mencintai budaya lokal ditumbuhkembangkan di masing-masing daerah.

"Ini tidak hanya menteri, tidak hanya di gubernur, tetapi masyarakat secara luas kita ingin menyenangi kembali, menggemari kembali pemakaian kebaya di seluruh event di Tanah Air," katanya.

Sejumlah menteri hadir dalam event Istana Berkebaya di catwalk sepanjang 200 meter yang digelar di Jalan Medan Merdeka Utara, depan Istana Merdeka. Mereka adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Menaker Ida Fauziah.



Kemudian adapula Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Mendag Zulkifli Hasan, Menpora Dito Ariotedjo, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menko Polhukam Mahfud Md, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menhan Prabowo Subianto.

Sri Mulyani, Angela Tanoesoedibjo, Retno Marsudi, dan Ida Fauziah bersama perwakilan dari berbagai instansi, baik di kementerian dan lembaga hingga Pemprov DKI Jakarta ikut berlenggak lenggok di catwalk Istana Berkebaya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)