Fakta Menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Jokowi Didikan Prabowo

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 03:59 WIB
loading...
Fakta Menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Jokowi Didikan Prabowo
Fakta menarik Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Deddy Suryadi diulas dalam artikel ini. Jenderal bintang 2 ini menjabat Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Foto/Dok MPI/Taufik Budi
A A A
JAKARTA - Fakta menarik Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Deddy Suryadi diulas dalam artikel ini. Jenderal bintang 2 ini menjabat Komandan Jenderal ( Danjen ) Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 14 September 1973 ini dimutasi dari Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV/Diponegoro menjadi Danjen Kopassus berdasarkan surat Keputusan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Nomor Kep/338/III/2023.

Surat keputusan tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia itu tertanggal 29 Maret 2023. Berikut fakta menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi:

Fakta Menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Jokowi Didikan Prabowo




1. Danjen Kopassus ke-36

Fakta Menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Jokowi Didikan Prabowo


Deddy Suryadi menjadi Danjen Kopassus ke-36 menggantikan Mayjen TNI Iwan Setiawan yang ditunjuk menjadi Pangdam XII/TanjungPura. Upacara serah terima jabatan (sertijab) digelar di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat, 28 April 2023.

Upacara penyerahan pasukan juga diikuti oleh Wadanjen Kopassus, Ir Kopassus, Danpusdiklatpassus, Para Asisten Kopassus, Dansat Kopassus, Para Kabalak Kopassus serta para perwira, bintara, tamtama, dan PNS Kopassus.

Fakta Menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Jokowi Didikan Prabowo


Dalam kesempatan itu, Deddy mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan TNI AD yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada dirinya untuk menduduki kursi orang nomor satu di Korps Kopassus. Dia siap menakhodai Kopassus dan siap melaksanakan tugas sebagai Danjen Kopassus ke-36 melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

2. Lulusan Akmil 1996

Fakta Menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Jokowi Didikan Prabowo


Deddy Suryadi menjadi salah satu dari 47 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang melaksanakan Laporan Korps Kenaikan Pangkat kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat 14 April 2023.

Dikutip dari laman resmi TNI AD, Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi merupakan Pati termuda yang melaporkan kenaikan pangkatnya menjadi Bintang Dua. Dia juga menjadi lulusan Akademi Militer (Akmil) 1996 yang pertama menyandang pangkat Pati di angkatannya saat menjabat sebagai Wadanjen Kopassus pada 2021.

“Semakin tinggi pangkat yang kita sandang, tentunya semakin besar pula tugas dan tanggung jawabnya. Dengan pangkat yang lebih tinggi, berupayalah untuk menjadi semakin bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi anggota dan satuan tempat kita bertugas. Berikan teladan dan inspirasi yang baik kepada bawahan dalam bersikap dan bertindak, serta tidak lupa berikan perhatian terhadap kesejahteraan anggota dan keluarganya,“ kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.



3. Mantan Ajudan Presiden Jokowi

Berbagai jabatan strategis pernah diemban oleh Deddy Suryadi. Karier militernya diawali dengan menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon) 22 Grup 2/Sandi Yudha. Selanjutnya, dia dipercaya menjabat Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Kopassus.

Kariernya pun semakin cemerlang. Deddy Suryadi selanjutnya dipercaya menjabat Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0623/Cilegon pada 2014-2016. Lalu, menjabat Komandan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus pada 2016-2017.

Kemudian, Deddy Suryadi menjabat sebagai ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2017-2019. Dari ring 1 Istana Kepresiden, Deddy Suryadi selanjutnya menjadi Pamen Denma Mabesad pada 2019-2020.

Setelah itu, Deddy Suryadi dipercaya sebagai Kepala Staf Korem (Kasrem) 061/Surya Kencana pada 2020-2021. Dia juga pernah menjabat Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama pada 2021.

Lalu, Deddy Suryadi menjabat Wadanjen Kopassus (2021-2022), Kasdam IV/Diponegoro (2022-2023), dan saat ini menjabat Danjen Kopassus.

4. Didikan Prabowo Subianto

Fakta Menarik Mayjen TNI Deddy Suryadi, Mantan Ajudan Jokowi Didikan Prabowo


Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi berkunjung ke Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2023. Deddy Suryadi melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dalam kesempatan itu, Deddy didampingi Asops Kopassus Letkol Inf Wahyo Yuniartoto dan Kasmin Danjen Kopassus Mayor Inf Gerry Heikal Cholid. Dalam pertemuan itu, Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi sempat mengatakan selalu ingat pada didikan Prabowo sewaktu memimpin korps baret merah.

Deddy mengatakan, Prabowo sejak dulu selalu ingin prajurit Kopassus bermental baja. “Saya merasakan bagaimana latihan, dididik keras dan terukur sama beliau. Itu yang sangat membekas dalam ingatan saya, bagaimana beliau menginginkan seorang prajurit komando punya mental baja, disiplin, pantang menyerah,” katanya dikutip dari laman resmi Kementerian Pertahanan.

Deddy menjelaskan, kunjungannya itu merupakan silaturahmi usai dirinya dilantik sebagai Danjen Kopassus. Deddy pun meminta masukan kepada Prabowo agar Kopassus tetap menjadi kebanggaan NKRI.

“Bagaimana saya ke depan, mungkin ada saran dan masukan apalagi beliau sebagai Menteri Pertahanan, untuk Kopassus agar tetap eksis dan jadi kebanggan di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Diketahui, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto pernah menjabat Danjen Kopassus ke-15 pada 1 Desember 1995 hingga 20 Maret 1998.

5. Terima banyak tanda kehormatan


Deddy Suryadi menerima banyak tanda kehormatan sejauh ini. Sejumlah tanda kehormatan yang telah diterimanya di antaranya adalah Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Satyalancana Kesetiaan 24 Tahun, Satyalancana Kesetiaan 16 Tahun.

Kemudian, Satyalancana Kesetiaan 8 Tahun, Satyalancana G.O.M IX Raksaka Dharma, Satyalancana Dharma Nusa, Satyalancana Wira Nusa, Satyalancana Wira Dharma, Satyalancana Wira Siaga, Satyalancana Ksatria Yudha, Satyalancana Dwidya Sistha, dan Satyalancana Kebhaktian Sosial.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)