Sebut Ada 3 Calon Pj Gubernur Jabar, Jokowi: Nama-namanya Belum Tahu

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 10:40 WIB
loading...
Sebut Ada 3 Calon Pj Gubernur Jabar, Jokowi: Nama-namanya Belum Tahu
Presiden Jokowi mengaku belum menerima tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat yang sudah diputuskan DPRD Jawa Barat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengaku belum menerima tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat yang sudah diputuskan DPRD Jawa Barat.

"Belum sampai ke saya. Iya. Sudah ada tapi belum sampai ke saya. Nama-namanya saya belum tahu," kata Jokowi dalam keterangannya, Jumat (4/8/2023).

Meski begitu, Jokowi mengetahui sudah tiga nama yang diputuskan oleh DPRD Jabar. Namun, dirinya belum mengetahui nama-nama tersebut. "Yang jelas 3. Yang dari DRPD dari bawah ada 3," kata Jokowi.

Jokowi memastikan akan transparan dan akuntabel dalam pemilihan Pj Gubernur. Dirinya juga akan menerima masukan dan usulan dari bawah terkait nama-nama Pj Gubernur.



"Apanya yang nggak akuntabel? apanya yang nggak transparan? Wong masukannya dari bawah semua. Kan dari daerah. Dari daerah, ya kan, ke Kemendagri terus baru ini naik ke kita, TPA. Semuanya terbuka," kata Jokowi.

Diketahui, tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat sudah diputuskan DPRD Jabar. Ketiganya akan disodorkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai pengganti Ridwan Kamil setahun ke depan.



Ketiganya yakni, Prof Keri Lestari adalah Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad. Kemudian, Bey Triadi Machmudin merupakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden. Asep N Mulyana merupakan Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebelumnya, dia adalah mantan Kajati Jabar.

Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru'yat mengatakan, tiga nama ini dihasilkan berdasarkan rapat pimpinan yang digelar DPRD Jabar. Pihaknya akan langsung menyerahkan nama itu kepada Kemendagri.

"Dari hasil usulan itu tadi, dengan berbagai pertimbangan terpilih tiga nama, pertama Prof Asep N Mulyana, Prof Keri Lestari, dan Bey Triadi Machmudin. DPRD akan melayangkan surat dengan tiga nama ini," kata Achmad usai rapat pimpinan di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Rabu, 2 Agustus 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)