Politisi Golkar Ini Terpilih Pimpin LPM Gantikan Idrus Marham

Kamis, 22 Desember 2016 - 14:06 WIB
Politisi Golkar Ini Terpilih Pimpin LPM Gantikan Idrus Marham
Politisi Golkar Ini Terpilih Pimpin LPM Gantikan Idrus Marham
A A A
JAKARTA - Politisi Partai Golkar Eni Maulani Saragih terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam Musyawarah Nasional III yang berlangsung di Jakarta dan berakhir hari ini. Eni terpilih menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Idrus Marham, yang telah habis masa jabatannya.

LPM adalah lembaga kemasyarakatan kelurahan/desa yang merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan di desa. Sebelumnya organisasi ini bernama Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD). Keberadaan LPM diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Desa.

Musyawarah Nasional kali ini merupakan yang ke-3, berlangsung mulai 20 Desember dan berakhir hari ini 22 Desember 2016. Forum ini dihadiri oleh 33 pengurus provinsi dan lebih 400 pengurus tingkat kabupaten dari seluruh Indonesia.

Selain memilih ketua umum yang baru, Munas III LPM kali ini juga membahas berbagai masalah organisasi, seperti perlu tidaknya LPM terlibat dalam dukung mendukung calon di Pilkada, dan juga membahas tentang dana desa agar lebih bermanfaat bagi pembangunan masyarakat di desa.

Agenda pemilihan ketua umum berlangsung Rabu malam dan dan dihadiri oleh semua peserta. Dalam forum tersebut Eni Maulani terpilih secara aklamasi karena pengurus dari hampir seluruh provinsi dan kabupaten menghendaki politisi Partai Golkar itu untuk memimpin selama lima tahun ke depan.

Eni Maulani Saragih adalah Anggota Komisi VII DPR dari Partai Golkar yang saat ini juga menjabat sebagai salah satu Ketua DPP Partai Golkar.

Kepada wartawan sesaat setelah penutupan Munas III hari ini, Eni menyatakan, bahwa LPM di bawah kepemimpinan dirinya selama lima tahun ke depan akan semakin mempertegas peran dan fungsinya dalam mewadahi dan melaksanakan aspirasi masyarakat desa dalam pembangunan.

“Sekarang saatnya masyarakat ikut terlibat, dan saya akan terus memperjuangkan agar pembangunan di desa dapat berjalan secara aspiratif dan partisipatoris,” katanya lewat rilis yang diterima Sindonew, Kamis (22/12/2016).

Eni Maulani juga berjanji, akan terus mengawal agar LPM di semua desa di Indonesia tetap netral di Pilkada di tempatnya masing-masing. Sebab, LPM sesuai dengan tugas dan fungsinya akan terus melekat dalam pembangunan di desa, sehingga jika terlibat dukung mendukung Pemilikada dikhawatirkan tidak kondusif bagi pembangunan di desa.

Kepengurusan selama lima tahun ke depan, tambah Eni, juga akan berkonsentrasi untuk melakukan konsolidasi organisasi serta penguatan kelembagaan di tingkat pusat dan daerah. Jika perlu LPM akan memberikan kritik dan koreksi kepada pemerintah mengenai pelaksanaan pembangunan di tingkat pedesaan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5846 seconds (0.1#10.140)