Cerita Letda Inf Enzo Zenz Allie Masuk Lembah Tidar, Kawah Candradimuka Para Prajurit Akmil

Minggu, 30 Juli 2023 - 15:38 WIB
loading...
Cerita Letda Inf Enzo Zenz Allie Masuk Lembah Tidar, Kawah Candradimuka Para Prajurit Akmil
Letda Inf Enzo Zenz Allie merupakan salah satu perwira remaja Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). Foto/YouTube TNI AD
A A A
JAKARTA - Letda Inf Enzo Zenz Allie merupakan salah satu perwira remaja Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) Angkatan Darat (AD) yang dilantik Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). Empat tahun lalu menjadi sejarah bagi pria keturunan Prancis ini.

Sejak kecil ia tinggal di Prancis, dan pindah ke Indonesia saat masuk SMP, karena ayahnya meninggal dunia. Setelah melanjutkan pendidikan hingga tamat SMA, Enzo Allie pun mendaftarkan diri dan lolos ke Akademi Militer (Akmil) di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Enzo mengaku telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. "Alhamdulillah saya waktu itu sekali tes waktu itu sekali tes saya masuk, alhamdulillah dengan persiapan saya selama saya SMA pun, sebelum SMA juga saya persiapkan," kata Enzo dalam Kartika Podcast yang disiarkan di kanal YouTube TNI AD, Minggu (30/7/2023).

Baca Juga: Mengenal Enzo Zenz Allie, Pemuda Berdarah Prancis yang Masuk Akmil TNI

"Terus lanjut lagi kita ke tahap Candradimuka ya, itu 3 bulan sama rekan yang polisi, saat itu lanjut 3 bulan ini di 3 matra. Banyak sih cerita, banyak sekali cerita yang saya alami dan juga dilewati dan saya berhasil saya bisa bertahan, Survive," sambungnya.

Sebelum masuk Akmil, Enzo mengaku masih mempelajari bahasa Indonesia. Bahkan ada beberapa kata yang belum ia pahami. Namun, Enzo yakin bahwa dirinya bisa lebih baik lagi.

"Saya juga singkat cerita, saya juga orangnya ini sebelum masuk (Akmil), saya juga bahasa Indonesia kurang sebenarnya agak kurang bahasa Indonesia," katanya.

"Jadi bagi saya itu ada kesulitan lah tapi buat saya kesulitan itu saya harus hadapi dan saya harus belajar, jadi kekurangan saya harus miliki saya harus asah lah, agar saya dipersiapkan nanti ke depan saya letnan dua," tambahnya.

Enzo telah dilantik oleh Presiden Jokowi bersama dengan 832 perwira remaja lainnya pada Rabu (26/7/2023). Enzo Allie resmi menyandang pangkat Letnan Dua alias Letda.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 833 orang dari matra TNI dan Polri di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan pelantikan perwira Polri tahun 2023 tersebut.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023. Para perwira yang dilantik oleh Jokowi, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 357 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 94 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 114 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 268 orang.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)